RPP PLPG Biologi

Metode                        :  Belajar kooperatif

Pendekatan                  :  Kooperatif

Pertemuan ke               : 3  (dari 10 pertemuan)

Standar Kompetensi     : 4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem

Kompetensi Dasar        : 4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan

Indikator                      :  1.  Mampu membuat rantai makanan dan jaring-jaring makanan

2.  Mampu menjelaskan tentang rantai makanan dan jaring-jaring makanan

3.  Mampu menjelaskan tentang aliran energi

TPK

Analisis Materi Pembelajaran

Rincian KBM

Alokasi Waktu (menit)

Kegiatan Awal

  • Apresepsi: Guru menanyakan kepada  siswa “Apakah makanan ayam?” dan Siapakah yang memakan ayam?”
  • Motivasi: Guru meberikan motivasi kepada siswa untuk mengamati lingkungan sekitar.
  • Guru memberikan acuan kepada siswa tentang pokok pembahasan rantai makanan.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Guru menanyakan kepada siswa tentang ciri-ciri makhluk hidup
5
  1. Setelah melaksakan pembelajaran siswa mampu membuat rantai makanan dan jaring-jaring makanan melalui gambar
  2. Setelah melaksanakan pembelajaran siswa mampu menjelaskan tentang rantai makanan dan jaring-jaring makanan melalui gambar
  3. Setalah melaksanakan pembelajaran siswa mampu menjelaskan tentang aliran energi melalui gambar
  • Rantai makanan merupakan peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya dengan urutan tertentu.
  • Jaring-jaring makanan merupakan kumpulan peristiwa makan di makan dari beberapa rantai makanan.
  • Aliran energi merupakan perpindahan energi antara organisme dalan rantai makanan atau jaring-jaring makanan.

 

Kegiatan Inti

  • Guru menjelaskan kepada siswa tentang prosedur kerja kegiatan
  • Siswa mengerjakan kegiatan lembar kerja siswa untuk membuat rantai makanan secara individu
  • Guru meminta siswa mendiskusikan hasil kerja individu dengan anggota kelompoknya.
  • Guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
  • Guru memberikan penguatan kepada siswa dari hasil diskusi.
  • Guru memberikan apresiasi kepada kelompok siswa yang terbaik

 

20
    Kegiatan Pentup

  • Guru memberikan kesimpulan dari hasil pembelajaran.
  • Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari artikel tentang kerusakan ekosistem
5

 

Alat Pembelajaran

  • Lembar Kerja Siswa (LKS)

 

Media Pembelajaran

  • Gambar beberapa organisme

 

Sumber Pembelajaran

Aryulani, D., dkk.2007.Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X, Penerbit ESIS Erlangga,

Jakarta.

Syamsuri, I.,dkk. 2007.Biologi 1B untuk SMA Kelas X Semester 2. Penerbit Erlangga,

Jakarta.

Penilaian

  • Teknik Penilaian.
  1. Tes tertulis
  2. Proses
  • Bentuk Instrumen
  1. Uraian
  2. Lembar Kerja Siswa
  • Instrumen

Kisi-kisi Instrumen

No Indikator Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Kode Instrumen
1 Membuat rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Tes tertulis Uraian TT 1
2 Menjelaskan tentang rantai makanan dan jaring-jaring makanan  Proses Lembar Kerja Siswa LKS 1
3 Menjelaskan tentang aliran energi Tes Tertulis Uraian TT 2

Instrumen

TT (di gunakan dalam Ulangan Harian)

  1. Jelaskan pengertian rantai makanan?
  2. Jelaskan pengertian aliran energi?

 

Kunci/pedoman penilaian

  1. Rantai makanan merupakan peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan tertentu.  (Skor 5-3-1)
  2. Aliran energi merupakan perpindahan energi antara organisme dalan rantai makanan atau jaring-jaring makanan. (Skor 5-3-1)

            Jumlah skor

Nilai = —————–  x 100

Total skor

LEMBAR KERJA SISWA ( L K S )  

RANTAI MAKANAN

(Terlampir)

 

Pedoman Penilaian

No

Uraian

Sangat Baik

Baik

Cukup

Kurang

1 Keseriusan melaksanakan tugas
2 Kerjasama dalam kelompok
3 Keaktifan dalam kegiatan
4 Pembuatan laporan

Kriteria :  Sangat baik    = 86 – 100

Baik               = 71 – 85

Cukup            = 56 -70

Kurang          =  <55

Nilai Akhir = Jumlah nilai yang di peroleh

Bandung, 23 Nopember 2011

Guru Bidang Studi Biologi

Siswadi Dinianto, SPt.

 

 

 

 

 

Tentang siswadi77

manusia tidak ada yang sempurna, tapi kita harus berusaha untuk kesempurnaan itu...
Pos ini dipublikasikan di SMA/MA dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke RPP PLPG Biologi

  1. YAYU berkata:

    izin share ya … buat referensi…. trimA KASIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s