Fakta Guru Profesional

Fakta Profesionalisme Guru

             Keberhasilan pendidikan suatu bangsa tergantung pada banyak faktor. Salah satu faktor yang penting tersebut adalah guru. Guru profesional merupakan syarat tercapainya keberhasilan tersebut. Guru profesional yang sarat nilai moral akan mudah melakukan transpormasi ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya. Dalam angkatan bersenjata faktor ini disebut dengan “the man behind the gun”. Orang-orang militer berpendapat bahwa bukan senjata yang memenangkan perang, tetapi serdadu yang memegang senjata itu. Serdadu tidak akan memenangkan suatu pertempuran apabila tidak menguasai strategi perang

Saat ini pemerintah Indonesia sudah memberikan anggaran pendidikan 20% untuk meningkatkan pendidikan nasional ternyata masih banyak yang harus di benahi.  Profesionalisme guru merupakan salah satu aspek yang dibenahi dengan terbitnya UU no 14 tahun 2005 tentang Profesi Guru. Guru yang profesional yang di cita-citakan dengan pemberian tunjungan Profesi oleh pemerintah masih belum maksimal.

Data Ketidaksesuaian latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampunya sanagt memperhatinkan. Sebanyak 873.650 guru pada jenjang SD sampai sma/SMk di kategorikan mengajar mata pelajaran yang tidak sesuai latar belakang ilmu atau ijazahnya (Kompas, 19 Juli 2011). Data Kemendiknas menunjukkan ketidaksesuaian ilmu guru dengan pelajaran yang diampunya pada jenjang SMA 49.24% atau 252.947 . Ketidak sesuaian antara ilmu guru dengan mata pelajaran yang diampunya untuk jenjang SD 34.8% atau 542.002.  Ketidak sesuaian antara ilmu guru dengan mata pelajaran yang diampunya untuk jenjang SMP 31.49% atau 166.881. Ketidak sesuaian antara ilmu guru dengan mata pelajaran yang diampunya untuk jenjang SMK 22.68% atau 40.208.

Berdasarkan pengujian Departemen Pendidikan Nasional tahun 2004 untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kompetensi guru, penguasaan materi guru  sesuai mata pelajaran yang diampunya sangat rendah. Rata-rata penguasaan guru terhadap mata pelajaran yang diampunya dibawah 25% dari rata-rata umum. Ironis sekali ternyata unutk membuat pendidikan nasional  yang di ajarkan oleh guru yang profesional masih jauh.

Tentang siswadi77

manusia tidak ada yang sempurna, tapi kita harus berusaha untuk kesempurnaan itu...
Pos ini dipublikasikan di Artikel Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s