RPP Biologi Kelas 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1

Pertemuan                  : 1

Alokasi Waktu            : 1 jam pelajaran

Standar Kompetensi   :  1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar      : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi

Tujuan                         : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup

  1. I. Indikator
  • Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
  • Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup

 

  1. II. Materi Ajar
  • Pengertian Biologi sebagai ilmu
  • Ciri-ciri makhluk hidup

 

III. Metode Pembelajaran

  • Pengamatan-diskusi

 

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (5 menit)
  • Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
  • Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
  1. Kegiatan inti (30 menit)
  • Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
  • Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
  • Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi

 

  1. V. Alat/Bahan/Sumber
  • Buku Kerja Biologi IA, Esis
  • Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
  • Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah

 

VI. Penilaian

  • Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1

Pertemuan                  : 2 – 3

Alokasi Waktu            : 3 jam pelajaran

Standar Kompetensi   : 1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan  objek dan permasalahan biologi pada  berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma

Tujuan                         :  Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi  ilmu biologi

  1. I. Indikator
  • Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
  • Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
  • Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
  • Membuat makalah  tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi

 

  1. II. Materi Ajar
  • Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
  1. Objek
  2. Permasalahan
  3. Tingkat organisasi
  • Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”

 

III. Metode Pembelajaran

  • Pengamatan – Diskusi–Penugasan

 

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
  • Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup
  • Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi.
  • Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi.
  • Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi.

 

 

  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi.
  • Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur keilmuaannya.

 

Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
  1. Kegiatan inti (25 menit)
  • Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah  tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.

 

  1. V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku Kerja Biologi IA, Esis
  • Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
  • Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet

 

VI. Penilaian

  • Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
  • Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1

Pertemuan                  : 4

Alokasi Waktu            : 2  jam pelajaran

Standar Kompetensi   :  2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan

Tujuan                         :  Siswa dapat memahami ciri-ciri virus, struktur tubuh virus, dan peran virus bagi manusia

  1. I. Indikator
  • Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
  • Mendeskripsikan ciri-ciri virus
  • Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
  • Menggambar skema reproduksi virus
  • Mengidentifikasi peran virus bagi manusia
  • Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya

 

  1. II. Materi Ajar
  • Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
  • Ciri-ciri  virus meliputi:
  1. Ciri benda mati virus
  2. Ciri hidup virus
  • Struktur tubuh virus
  • Cara reproduksi virus
  • Peran virus bagi manusia meliputi:
  1. Peran yang menguntungkan
  2. Peran yang merugikan

 

III. Metode Pembelajaran

  • Diskusi-Penugasan

 

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (15 menit)
  • Guru bersama siswa mendiskusikan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan klasifikasi makhluk hidup pada tingkat Kingdom.
  1. Kegiatan inti (65 menit)
  • Guru menanyakan sejarah penemuan virus.
  • Guru bersama siswa menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
  • Siswa menyimpulkan perbedaan ciri virus dengan makhluk hidup lain (kegiatan 3.1).
  • Guru bersama siswa menggambar skema reproduksi virus.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan peran virus bagi manusia.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
  • Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tertulis tentang virus dan penyakit yang disebabkannya.

Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.

 

  1. V. Alat/Bahan/Sumber
  • Buku Kerja Biologi IA, Esis
  • Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab II dan III
  • Foto ultramikroskopis virus
  • Berbagai informasi tentang penyakit yang disebabkan virus

 

VI. Penilaian

  • Uji kompetensi tertulis
  • Hasil kajian tentang peran virus dan kajian tentang virus

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1

Pertemuan                  : 5 dan 6

Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi      :  2.   Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar :     2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan

Tujuan                            :  Siswa mampu memahami prokariot yang meliputi struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria

  1. I. Indikator
  • Menjelaskan pengertian prokariotik
  • Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
  • Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
  • Membedakan struktur Eubakteria dan Archeobacteria
  • Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia

 

  1. II. Materi Ajar
  • Pengertian prokariot
  • Ciri-ciri Eubacteria
  1. Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
  2. Sturktur sel Eubacteria
  3. Cara hidup Eubacteria
  4. reproduksi bakteri
  • Klasifikasi Eubacteria
  • Perbedaan Archaeobacteria dan Eubacteria
  • Contoh-corntoh Archaeobacteria
  • Peranan bakteri bagi manusia

 

III. Metode Pembelajaran

  • Diskusi-Penugasan-Pengamatan

 

IV. Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa makanan yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
  • Guru bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan bakteri dengan menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2.
  • Siswa menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa mengembalikan alat dan bahan pengamatan.
  • Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
  • Siswa mengumpulkan laporan.

 

Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (15 menit)
  • Guru menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
  • Guru dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
  • Guru dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
  1. Kegiatan inti (65 menit)
  • Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteri.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel bakteri.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi manusia.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt dengan menggunakan kegiatan 4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah.

 

VI. Alat/Bahan/Sumber

  • Buku kerja Biologi 1A, Esis
  • Buku Biologi , SMA Kelas X, Esis, Bab IV
  • Biakan bakteri
  • Air kolam
  • Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup

 

VII. Penilaian

  • Laporan hasil pengamatan bakteri
  • Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1

Pertemuan                  : 7 dan 8

Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi      :  2.      Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar : 2.3  Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan

Tujuan                         : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri Protista, mengklasifikasikan Protista, peranan Protista bagi manusia

  1. I. Indikator
  • Mendeskripsikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan,menyerupai tumbuhan dan menyerupai jamur.
  • Mengelompokkan contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
  • Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia.

 

  1. II. Materi Ajar
  • Ciri-ciri Protista meliputi:
  1. Protista yang meyerupai tumbuhan
  2. Protista yang menyerupai hewan
  3. Protista yang menyerupai jamur
  • Peranan protista bagi manusia meliputi:
  1. Peranan yang menguntungkan
  2. Peranan yang merugikan

 

III. Metode Pembelajaran

  • Diskusi – Penugasan – Pengamatan

 

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)

  • Guru menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
  • Guru mendiskusikan makhluk hidup satu sel lainnya yang mempunyai ciri berbeda dengan prokariot.

B.   Kegiatan inti (70 menit)

  • Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
  • Siswa melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis Protista.
  • Siswa menggambar hasil pengamatan.
  • Siswa membuat laporan hasil pengamatan.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)

  • Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista.
  • Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

 

 

Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
  • Siswa mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.3.

 

V.   Alat/ Bahan/ Sumber

  • Buku kerja Biologi 1A, Esis
  • Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab V
  • Air kolam
  • Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
    • Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)

 

VI. Penilaian

  • Laporan hasil pengamatan Protista
  • Makalah kajian Protista
  • Uji kompetensi tertulis

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/Semester          : X (Sepuluh)/ 1

Pertemuan                  : 9 dan 10

Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran

Standar Kompetensi    :             2.   Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Kompetensi Dasar : 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan

Tujuan                           :         Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri jamur, mengklasifikasikan jamur, dan peranan jamur bagi manusia

  1. I. Indikator
  • Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
  • Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
  • Membedakan spora aseksual dan seksual
  • Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
  • Membuat produk makanan yang menggunakan jamur

 

  1. II. Materi Ajar
  • Ciri-ciri jamur meliputi:
  1. Ciri struktur
  2. Cara hidup
  • Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
  1. Spora aseksual
  2. Spora seksual
  • Klasifikasi jamur
  • Peranan jamur bagi manusia
    • Proses produksi yang memanfaatkan jamur

 

III. Metode Pembelajaran

  • Diskusi – Pengamatan – Penugasan

 

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (10 menit)

  • Guru menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal siswa.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan contoh jamur yang dikenal siswa.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa dengan menggunakan Kegiatan 6.1.
  • Siswa mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan.
  • Siswa membuat laporan hasil pengamatan.

 

 

  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur berdasarkan hasil pengamatan.
  • Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa.

 

Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)

Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum jamur.

  1. Kegiatan Inti (70 menit)
  • Guru bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan contoh masing-masing divisi.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi jamur.
  • Guru menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang menggunakan jamur, misalnya tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2.

 

  1. V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku kerja Biologi 1A, Esis
  • Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VI
  • Berbagai jamur yang bisa dijumpai di sekitar siswa
  • Bahan-bahan pembuat tempe atau tape

 

VI. Penilaian

  • Laporan hasil pengamatan jamur
  • Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2

Pertemuan                  : 1

Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi   : 1.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar       : 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan

Tujuan

  1. I. Indikator
  • Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
  • Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
  • Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.

 

  1. II. Materi Ajar
  • Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem

 

III. Metode Pembelajaran

  • Pengamatan – Diskusi

 

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
  • Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
  • Siswa mengamati  keanekaragaman hayati.
    • Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan
    • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa

 

  1. V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku kerja Biologi 1A, Esis
  • Buku Biologi, SMA kelas X, Esis, Bab VII
  • Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah

 

VI. Penilaian

  • Laporan hasil pengamatan
  • Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2

Pertemuan                  : 2

Alokasi Waktu            : 2  jam pelajaran

Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar     : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam

Tujuan                         : Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya

I.    Indikator

  • Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
  • Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
  • Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
  • Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
  • Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.

 

II.  Materi Ajar

  • Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
  • Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
  • Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
    1. Hutan hujan tropis

2. Hutan musim

3. Sabana

4. Stepa

  • Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
  • Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ

 

III. Metode Pembelajaran

  • Diskusi – Penugasan

 

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut                       Dr. Sampurna Kadarsan.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
  • Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

 

  1. V. Alat/ Bahan/ Sumber
    1. Buku kerja Biologi 1A, Esis
    2. Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII
    3. Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah

 

VI. Penilaian

  • Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
  • Uji kompetensi tertulis

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2

Pertemuan                  : 3 dan 4

Alokasi Waktu            : 3 jam pelajaran

Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar      : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia

Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia

  1. I. Indikator
  • Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
  • Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
  • Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
  • Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
  • Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
  • Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia

 

  1. II. Materi Ajar
  • Ciri umum dunia tumbuhan
  • Klasifikasi tumbuhan
  • Ciri-ciri  dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
  • Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
  • Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
  • Peranan Bryophyta bagi manusia

 

III. Metode Pembelajaran

  • Pengamatan – Diskusi

 

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru bersama  siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
  • Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
  • Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
  • Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Siswa mengamati  tumbuhan lumut secara berkelompok.
  • Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
  • Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.

 

Pertemuan 4 (1 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (5 menit)

  • Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.

B.   Kegiatan inti (35 menit)

  • Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.

C.   Kegiatan akhir (5 menit)

  • Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.

 

  1. V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku Kerja Biologi IB, Esis
  • Buku Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII
  • Spesimen tumbuhan lumut
  • Loupe

 

VI. Penilaian

  • Laporan hasil pengamatan
  • Uji kompetensi tertulis

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2

Pertemuan                  : 5 dan 6

Alokasi Waktu            :  3 jam pelajaran

Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar      : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia

Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia

  1. I. Indikator
  • Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
  • Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
  • Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
  • Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
  • Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta)  bagi manusia

 

  1. II. Materi Ajar
  • Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
  • Klasifikasi tumbuhan paku  (Pteridophyta)
  • Struktur tubuh tumbuhan paku  (Pteridophyta)
  • Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
  • Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia

 

III. Metode Pembelajaran

  • Pengamatan – Diskusi

 

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
  • Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
  • Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan 8.2.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Siswa mengamati  tumbuhan paku secara berkelompok.
  • Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
  • Guru  meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.

 

 

Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal

  • Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.

B.   Kegiatan Inti

  • Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.

C.   Kegiatan Akhir

  • Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.

 

  1. V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku Kerja Biologi IB, Esis
  • Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
  • Spesimen tumbuhan paku
  • Loupe

 

VI. Penilaian

  • Laporan hasil pengamatan
  • Uji kompetensi tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2

Pertemuan                  : 7

Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran

Standar Kompetensi   : 3.  Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar      : 3.3    Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia

Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia

  1. I. Indikator
  • Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
  • Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
  • Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
  • Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
  • Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia

 

  1. II. Materi Ajar
  • Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
  • Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
  • Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
  • Peranan tumbuhan berbiji  (Spermatophyta) bagi manusia

 

III. Metode Pembelajaran

  • Pengamatan – Diskusi

 

IV. Langkah -Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
  • Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
  • Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
  • Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.

 

 

  1. V. Alat / Bahan/ Sumber
  • Buku Kerja Biologi, Esis
  • Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
  • Spesimen tumbuhan berbiji
  • Loupe

 

VI. Penilaian

  • Uji kompetensi tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2

Pertemuan                  : 9 dan 10

Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran

Standar Kompetensi   : 3.  Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

Kompetensi Dasar      : 3.4    Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan

  1. I. Indikator
  • Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
  • Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
  • Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
  • Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan

 

  1. II. Materi Ajar
  • Ciri umum dunia hewan
  • Dasar klasifikasi dunia hewan
  • Klasifikasi dunia hewan

 

III. Metode Pembelajaran

  • Pengamatan – Diskusi

 

  1. IV. Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
  1. Kegiatan inti (75 menit)
  • Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
  • Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
  1. Kegiatan akhir (5 menit)
  • Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
  • Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.

 

Pertemuan 10 (2 X 45 menit)

  1. Kegiatan awal
  • Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
  1. Kegiatan Inti
  • Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1
  • Siswa mencatat hasil pengamatan
  • Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula
  • Siswa menyusun laporan.
  1. Kegiatan Akhir
  • Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan.
  • Siswa mengumpulkan laporan pengamatan.

  1. V. Alat / Bahan/ Sumber
  • Buku Kerja Biologi IB, Esis
  • Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab IX
  • Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
  • Loupe

 

VI. Penilaian

  • Laporan hasil pengamatan
  • Uji kompetensi tertulis

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2

Pertemuan                  : 11 dan 12

Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran

Standar Kompetensi  : 4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem

Kompetensi Dasar      : 4.1    Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan

Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem

  1. I. Indikator
  • Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
  • Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
  • Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
  • Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
  • Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia

 

  1. II. Materi Ajar
  • Pengertian ekologi sebagai ilmu
  • Ekosistem dan komponen penyusunnya
  • Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
  • Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
  • Berbagai interaksi dalam ekosistem
  • Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
  • Aliran energi dan siklus materi  dalam ekosistem
  • Daur biogeokimia

 

III. Metode Pembelajaran

  • Pengamatan – Diskusi

 

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
  • Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.

 

 

  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1.
  • Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
  • Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya.
  • Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

 

Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
  1. Kegiatan Inti (70 menit)
  • Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem.
  • Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan.
  • Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan.
  • Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.

 

  1. V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku Kerja Biologi IB, Esis
  • Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
  • Ekosistem yang ada di sekitar sekolah

 

VI. Penilaian

  • Laporan hasil pengamatan
  • Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : X (Sepuluh)/ 2

Pertemuan                  : 13 dan 14

Alokasi Waktu            :  4 jam pelajaran

Standar Kompetensi  : 4.   Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem

Kompetensi Dasar    : 4.2    Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan

4.3 Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah

4.4 Membuat produk dau ulang limbah

Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan

  1. I. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
  • Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
  • Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
  • Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
  • Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
  • Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
  • Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang

 

  1. II. Materi Ajar
  • Keseimbangan lingkungan
  • Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
  • Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
  • Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
  • Penanganan limbah dengan cara daur ulang

 

III. Metode Pembelajarn

  • Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan

 

IV. Langkah Langkah pembelajaran

Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
  • Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
  • Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
  • Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.

 

Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal (10 menit)

  • Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
  • Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.

B    Kegiatan inti (65 menit)

  • Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
  • Siswa membuat perlakuan eksperimen.
  • Siswa melakukan pengamatan.
  • Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.

C.   Kegiatan akhir (15 menit)

  • Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen
  • Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
  • Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3.

  1. V. Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku Kerja Biologi IB, Esis
  • Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
  • Beberapa aktivitas manusia
  • Bahan untuk daur ulang kertas

 

VI. Penilaian

  • Laporan hasil eksperimen
  • Uji kompetensi tertulis

 

 

 

Tentang siswadi77

manusia tidak ada yang sempurna, tapi kita harus berusaha untuk kesempurnaan itu...
Pos ini dipublikasikan di SMA/MA dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s