LKS Rantai Makanan

LEMBAR KERJA SISWA ( L K S )

RANTAI MAKANAN DAN ALIRAN ENERGI

 

Standar Kompetensi   :
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar                 :
Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
 
A.  Tujuan:

  • Siswa mampu menjelaskan rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
  • Siswa mampu menggambarkan rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
  • Siswa mampu menjelaskan aliran energi.

B.  Alat dan bahan:

  1. Gambar bebarapa makhluk hidup
  2. Alat tulis (spidol, balpoin)

C.   Langkah Kerja:

  1. Perhatikan gambar makhluk hidup yang akan di gunakan.
  2. Susunlah gambar yang ada menjadi peristiwa rantai makanan yang mungkin terjadi.

 

1

2

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

5

6

 

 

 

 

 

D.   Hasil Kerja

 

Tabel 1. Hasil Pengamatan Rantai Makanan

 

No

Urutan Rantai Makanan

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

8

 

9

 

10

 

 

 

2.  Jawablah pertanyaan berikut!

  1. Perhatikan tabel yang telah di buat! Ada berapa rantai makanan yang telah kalian buat?

…………………………………………………………………………………………………………………..

 

  1. Dari gambar yang telah kalian amati, apakah termasuk jaring-jaring makanan? Mengapa?

…………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

 

  1. Dari gambar yang telah kalian amati, apakah ada aliran energi? Jelaskan!

…………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

 

  1. Dalam proses aliran energi apakah semua energi yang berpidah itu utuh? Jelaskan

…………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

 

  1. Dari mana organisme awal memperoleh energi? Jelaskan!

…………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

 

G.   Kesimpulan

………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………………………….

 

Tentang siswadi77

manusia tidak ada yang sempurna, tapi kita harus berusaha untuk kesempurnaan itu...
Pos ini dipublikasikan di SMA/MA dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s