SILABUS IPA (BIOLOGI) KELAS VII

           

SILABUS

SMP/MTs KELAS VII

Nama Sekolah            : SMP/MTs Al-Zaytun

Matapelajaran              : IPA (Biologi)

Kelas/Semester          : VII/1

Alokasi Waktu             : 6 X 40 menit

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Pengalaman Belajar

Penilaian

Alokasi Waktu

Alat/Bahan /Sumber Belajar

 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik Materi Pokok:

Pembuatan Obyek pengamatan

1. Menjelaskan cara pembuatan awetan dengan pengirisan

2.         Menjelaskan cara  membuat awetan dengan pengirisan

3.         Menjelaskan cara membuat herbarium

4.         Menjelaskan cara membuat Insektarium

Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk melakukan diskusi kelompok.

Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk melakukan diskusi kelompok.  Bahan diskusi terdapat pada LKPD 1 dan LKPD 2

•        Penilaian

proses

belajar peserta didik

•        Penilaian

terhadap

LKPD 1 dan LKPD 2

•        Penilaian

proses

belajar peserta didik

-   Ulangan Harian

6X40’

Alat/Bahan:

Alat tulis, LCD/OHP, Silet, gabus, batang tumbuhan, preparat

Sumber Belajar: Istamar Syamsuri, dkk. 2007. IPA Biologi kelas VII. Jakarta:                                     Erlangga.

 

 

 

SILABUS

Nama Sekolah            : SMP/MTs Al-Zaytun

Mata pelajaran : IPA (Biologi)

Kelas/Semester          : VII/1

Alokasi Waktu             : 3 X 40 menit

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Pengalaman Belajar

Penilaian

Alokasi Waktu

Alat/Bahan /Sumber Belajar

5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamat 5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan Materi Pokok: Mikroskop 1.       Menjelaskan fungsi mikroskop

2.       Menjelaskan cara merawat mikroskop

3.       Menyebutkan bagian-bagian mikroskop

4.       Menyebutkan fungsi bagian-bagian mikroskop

Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk mengerjakan bahan diskusi TPS. Bahan diskusi terdapat pada LKPD 1 dan LKPD 2 •   Evaluasi

•   Penilaian

terhadap

LKPD 1 dan LKPD 2

•   Penilaian

proses

belajar peserta didik

3X40’

Alat/Bahan:

Alat tulis, LCD/OHP, alat tulis, mikroskop

Sumber Belajar: Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. IPA Biologi untuk SMP kelasVII   semester 1. Jakarta: Penerbit Erlangga

 

SILABUS

Nama Sekolah            : SMP/MTs Al-Zaytun

Mata pelajaran : IPA (Biologi)

Kelas/Semester          : ViI/1

Alokasi Waktu             : 3 X 40 menit

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Pengalaman Belajar

Penilaian

Alokasi Waktu

Alat/Bahan /Sumber Belajar

5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamat 5.4      Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam Materi Pokok:

Keselamatan Kerja di laboratorium

1.  Mengidentifikasi alat alat laboratorium

2.  Mendiskripsikan bahan-bahan berbahaya di laboratorium

3.  Mengidentifikasi simbol-simbol di dalam laboratorium

Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk melakukan diskusi kelompok. Bahan diskusi terdapat pada LKPD 1 dan LKPD 2 •   Evaluasi

•        Penilaian

terhadap

LKPD 1 dan LKPD 2

•        Penilaian

proses

belajar peserta didik

3X40’

Alat/Bahan:

Alat tulis, LCD/OHP, Charata,

Sumber Belajar: Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. IPA Biologi untuk SMA kelas VII   semester 1. Jakarta: Penerbit Erlangga

SILABUS

Nama Sekolah            : SMP/MTs Al-Zaytun

Mata pelajaran : IPA (Biologi)

Kelas/Semester          : VII/1

Alokasi Waktu             : 3 X 40 menit

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Pengalaman Belajar

Penilaian

Alokasi Waktu

Alat/Bahan /Sumber Belajar

 6. Memahami keanekara-

gaman makhluk hidup

6.1 Mengiden-

tifikasi ciri-ciri makhluk

Ciri-ciri makhluk hidup 1.         Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

2.         Membuat laporan ciri-ciri Makhluk hidup berdasarkan observasi

3.         Membedakan ciri-ciri tumbuhan dan hewan

4.         Menjelaskan cara membuat Insektarium

Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk melakukan diskusi kelompok. •        Penilaian proses

belajar peserta didik

-   Ulangan Harian

3X40’

Alat/Bahan:

Alat tulis, LCD/OHP,  Sumber Belajar: Istamar Syamsuri, dkk. 2007. IPA Biologi kelas VII. Jakarta:                                     Erlangga.

 

 

                                                                                                                                                                                          

SILABUS

Nama Sekolah            : SMP/MTs Al-Zaytun

Mata pelajaran : IPA (Biologi)

Kelas/Semester          : VII/1

Alokasi Waktu             : 16X 40 menit

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator

Pengalaman Belajar

Penilaian

Alokasi Waktu

Alat/Bahan /Sumber Belajar

6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup 6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan cirri-ciri yang dimiliki Materi Pokok:

-    Klasifikasi makhluk hidup

-     Jamur, lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji

-     Tumbuhan biji tertutup

1.   Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lain berdasarkan cirri-ciri khusus yang dimiliki

2.   Mendiskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup

3.   Membuat perbedaan cirri-ciri khusus tiap kingdom dalam system 5 kingdom

4.       Mengklasifikasikan beberapa makhluk hidup disekitar berdasarkan ciri-ciri yang diamati

٭ Menjelaskan cara penularan virus

٭ Menjelaskan cara hidup bakteri

٭ Menyebutkan klasifikasi protozoa

٭ Menyebutkan klasifikasi alga

٭ Menyebutkan manfaat alga

٭ Menjelaskan cara penularan virus

٭ Menjelaskan cara hidup bakteri

٭ Menyebutkan klasifikasi protozoa

٭ Menyebutkan klasifikasi alga

٭ Menyebutkan manfaat alga

5.  Menjelaskan cara jamur mendapatkan makanan

6.   Menyebutkan manfaat jamur

7.  Menjelaskan cara perkembangbiakan lumut

8.   Membandingkan tumbuhan paku dan tumbuhan biji

9.  Membandingkan tumbuhan monokotil dan dikotil

10. Manfaat tumbuhan monokotil dan dikotil

1.    Membuat perbandingan ciri-ciri khusus kelompok hewan

2.    Membedakan kelompok hewan berdasarkan ciri khusus yang dimilikinya

3.    Membedakan hewan avertebrata dan vertebrata

4.    Membuat perbandingan ciri-ciri khusus kelompok hewan

5.    Membedakan kelompok hewan berdasarkan ciri khusus yang dimilikinya

6.    Membedakan hewan avertebrata dan vertebrata

Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk melakukan diskusi kelompok. Bahan diskusi terdapat pada LKPD 1 dan LKPD 2

Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk melakukan diskusi kelompok. Bahan diskusi terdapat pada LKPD 1 dan LKPD 2

Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk melakukan diskusi

Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk melakukan Team Game Tournamen (TGT)

Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk melakukan diskusi

•        Penilaian

terhadap

LKPD 1 dan LKPD 2

•        Penilaian

proses

belajar peserta didik

•   Evaluasi

•        Penilaian

terhadap

LKPD 1 dan LKPD 2

•        Penilaian

proses

belajar peserta didik

Penilaian proses belajar peserta didik

Penilaian skor TGT

Ulangan Harian KD 6.2

Penilaian proses belajar peserta didik

3X40’

   4 x 40’

3 x 40’

3 x 40’

Alat/Bahan:

Alat tulis, LCD/OHP, Gamabar

Belajar: Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. IPA Biologi untuk SMP kelasVII   semester 1. Jakarta: Penerbit Erlangga

About these ads

Tentang siswadi77

manusia tidak ada yang sempurna, tapi kita harus berusaha untuk kesempurnaan itu...
Tulisan ini dipublikasikan di SMP/MTS dan tag , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s