RPP IPA/BIOLOGI KELAS VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KD 5.1

 

Nama Sekolah               :     SMP/MTs Al-ZAytun

Mata Pelajaran             :     Biologi

Kelas/Semester             :     VII/1

Alokasi Waktu              :     6 x 45 menit

Standart Kompetensi    :     5.      Memahami Gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar        :     5.1    Melaksanakan pengamatan obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala        alam.

  1. I.       Indikator
    1. Menjelaskan cara membuat sediaan dengan pengirisan
    2. Menjelaskan cara membuat sediaan tanpa pengirisan
    3. Menjelaskan cara pembuatan Herbarium
    4. Menjelaskan cara pembuatan insectarium
    5. Menjelaskan cara menggambar dalam biologi
  2. II.    Materi Pembelajaran

Materi Pokok       : Pembuatan obyek pengamatan

Sub Materi           :

Pertemuan I         

  • Pembuatan sediaan / preparat dengan pengirisan
  • Pembuatan Sediaan/preparat tanpa pengirisan

Pertemuan II     

  • Pembuatan herbarium
  • Pembuatan insectarium

III. Pendekatan Pembelajaran

Kontekstual

      Metode Pembelajaran

Pembelajaran kooperatif

      Model Pembelajaran      

Pertemuan 1           : Grup Investigation

Pertemuan II           : Kooperatif scrip

      Sintaks Model Pembelajaran Grup Investigation (Sharan, 1992)

  1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  2. Guru menjelaskan maksud pembelajarandan tugas kelompok
  3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
  4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
  5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
  6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
  7. Evaluasi
  8. Penutup

 

 Modifikasi model Pembelajaran Grup Investigation

  1. Guru menuliskan topik
  2. Guru menuliskan tujuan pembelajaran
  3. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok
  4. Dalam kelompok masing-masing anggota kelompok diberi tanggung jawab untuk memahami materi yang berbeda
  5. Anggota kelompok yang memahami materi yang sama berkumpul menjelaskan keanggota yang lain
  6. Setelah diskusi maka anggota satu kelompok saling bertukar informasi tentang materi yang difahami.
  7. Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya melalui diskusi kelas
  8. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
  9. IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I ( 3 x 40 Menit )

Tujuan Pembelajaran:     

Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat:

  1. Menjelaskan cara membuat sediaan dengan pengirisan
  2. Menjelaskan cara membuat sediaan tanpa pengirirsan

No

Kegiatan

Guru

Peserta didik

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Awal

  • Memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan” Bagaimana jika kita ingin mengamati struktur batang/daun?
  • Melanjutkan pertanyaan ”setelah dipotong kecil-kecil dapatkah dilihat secara langsung?

 

 

  • Melanjutkan pertanyaan ”Dapatkah struktur batang/daun diamati dengan mikroskop jika memotongnya dengan sembarangan?

 

  • Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu Pembuatan Obyek Pengamatan
  • Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” dengan memotongnya kecil-kecil.

 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” tidak dapat, harus menggunakan mikroskop.

 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” tidak daun harus dipotong sesuai dengan aturan.

 

 

  • Menulis topik yang akan dipelajari

 

  • Menulis tujuan pembelajaran
2 Kegiatan Inti

  • Membagi peserta didik menjadi 5 kelompok (terdiri dari 6 orang)
  • Meminta masing-masing anggota kelompok membaca materi yang berbeda
  • Meminta anggota kelompok yang mempelajari materi yang sama berkumpul dan menjelaskan keanggota kelompok yang lain

 

  • Meminta peserta didik melakukan diskusi kelas (menjadi fasilitator)
  • Memberikan  penguatan pada hasil diskusi (penguatan berupa konsep-konsep penting, dapat dilihat pada materi esensial)
 

  • Membentuk kelompok sesuai pembagian
  • Membaca materi sesuai pembagian dari ketua kelompok

 

  • Presentasi keteman dalam satu kelompok

 

 

 

  • Mempresentasikan hasil kerja kelompok

 

  • Mencatat  penguatan yang diberikan guru
3 Kegiatan Akhir

  • Menugaskan kepada peserta didik untuk mempelajari cara pembuatan awetan kering
 

  • Mendengarkan dan mengerjakan tugas dari guru
  1. V.     Media Pembelajaran

Alat/bahan             : Alat tulis, LCD/OHP,

Sumber belajar       : Istamar Syamsuri, dkk. 2007. IPA Biologi kelas VII. Jakarta:

Erlangga.

  1. VI.   Penilaian
  • Evaluasi
  • Penilaian LKPD KD 5.1
  • Penilaian proses belajar peserta didik

 

 

 

 

Tim Bidang Studi

Kepala Sekolah,                                                           Koordinator,

 

 

 

 

…………………….                                                   Siswadi Dinianto, SPt

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

KD 5.3

 

 

Nama Sekolah               :     SMP/MTs Al-ZAytun

Mata Pelajaran             :     IPA (Biologi)

Kelas/Semester            :     VII/ 1

Standart Kompetensi    :     5.   Mamahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar        :     5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan

I.    Indikator 

1.   Menjelaskan fungsi mikroskop

2.   Menjelaskan cara merawat mikroskop

3.   Menyebutkan bagian-bagian mikroskop

4.   Menyebutkan fungsi bagian-bagian mikroskop

II. Materi Pembelajaran

Materi pokok    :     Mikroskop

Sub materi         :     >    Perawatan mikroskop

>    Fungsi bagian-bagian mikroskop

III. Pendekatan Pembelajaran

Kontekstual

Metode Pembelajaran

Pembelajaran Kooperatif

Model Pembelajaran

Think Pair and Share (TPS)  Tipe 1

Sintaks Model Pemebelajaran Think Pair and Share (Frank Lyman, 1985)

  1. Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Peserta didik diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahn yang disampaikan guru
  3. Peserta didik diminta untuk berpasangan dengan teman sebelahnya (dalam kelompok terdiri atas dua orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
  4. Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusiny
  5. Berawal dari kegiatan tersebut, guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalah dan menambah materi yang belum diungkapkan oleh peserta didik
  6. Guru memimpin kesimpulan
  7. Penutup

Modifikasi Model Pembelajaran Think Pair and Share Tipe 1

  1. Guru menulis topic pembelajaran.
  2. Guru menulis tujuan pembelajaran
  3. Guru meminta peserta didik untuk membaca materi tentang Mikroskop
  4. Guru meminta peserta didik untuk berpasangan dengan teman sebangkunya
  5. Guru membagikan LKPD 1  untuk peserta didik yang sebangku (bangku ke-1) dan LKPD 2 untuk peserta didik bangku ke 2
  6. Guru meminta peserta didik mengerjakan LKPD secara individu (tahap think)
  7. Peserta didik menyampaikan/mengutarakan hasil atau jawaban LKPD kepada teman sebelahnya (tahap pair)
  8. Peserta didik membentuk kelompok kecil yang terdiri atas 4 orang untuk mendiskusikan kembali hasil/jawaban LKPD1 dan LKPD 2  (tahap share)
  9. Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
  10. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

  Tujuan pembelajaran:

Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat:

1.   Menjelaskan fungsi mikroskop

2.   Menjelaskan cara  merawat mikroskop

3.   Menyebutkan bagian-bagian mikroskop

4.   Menyebutkan fungsi mikroskop

No.

Kegiatan

Guru

Peserta didik

1

Kegiatan Awal

  • Memotivasi peserta didk dengan mengajukan pertanyaan”Dapatkah kalian mengamati makhluk hidup yang sangat kecil secara langsung?
  • Melanjutkan pertanyaan “Dengan alat bantu apa supaya dapat melihatnya dengan jelas?

 

 

 

  • Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu “ Mikroskop”
  • Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ” tidak dapat”)
  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, pesrta didik menjawab ” Menggunakan bantuan Mikroskop ’
  • Menulis topik yang akan dipelajari
  • Menulis tujuan pembelajaran

2

Kegiatan Inti

  • Meminta peserta didik untuk membaca materi tentang mikroskop
  • Meminta peserta didik untuk duduk berpasangan dengan teman sebangkunya
  • Membagikan LKPD 1 untuk peserta didik bangku ke 1 dan LKPD 2 Untuk peserta didik di bangku ke 2 dan meminta peserta didik untuk mengerjakan/berpikir secara individu atau mandiri
  • Meminta peserta didik untuk memikirkan kembali jawaban LKPD masing-masing dengan teman sebangkunya
  • Meminta peserta didik membentuk kelompok kecil yang terdiri atas 4 orang untuk mendiskusikan dan memikirkan kembali hasil/jawaban LKPD 1 dan LKPD 2
  • Menjadi fasilitator dan moderator diskusi kelas
  • Memberikan penguatan pada hasil diskusi ( penguatan berupa konsep-konsep penting, contoh dapat dilihat pada materi essensial )
 

  • Membaca materi tentang mikroskop
  • Duduk berpasangan dengan teman sebangkunya

 

  • Mengerjakan LKPD secara mandiri (tahap think)
  • Mendiskusikan hasil jawaban LKPD dengan teman sebangku (tahap pair)
  • Mendiskusikan jawaban  LKPD dalam kelompok kecil yang terdiri atas 4 orang (tahap share)
  • Mempresentasikan hasil kerja kelompok dalam diskusi kelas
  • Mencatat penguatan yang diberikan oleh guru

 

3

Kegiatan Akhir/Tindak Lanjut

  • Memberi evaluasi
 

  • Mengerjakan soal-soal evaluasi

 

V.  Media Pembelajaran

Alat/Bahan          :     Alat tulis,LCD/OHP, LKPD 1 dan LKPD 2

Sumber Belajar    :     Syamsuri,Istamar,dkk. 2007. IPA Biologi VII. Jakarta: Erlangga

 

 

VI. Penilaian

  • Penilaian terhadap LKPD 1 Dan LKPD 2
  • Penilaian proses belajar peserta didik

 

 

 

 

Tim Bidang Studi

Kepala Sekolah,                                                           Koordinator,

 

 

 

 

…………………….                                                   Siswadi Dinianto, SPt

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KD 5.4

 

 

Nama Sekolah               :     SMP/MTs Al-ZAytun

Mata Pelajaran                :     IPA (Biologi)

Kelas/Semester                :     VII/ 1

Alokasi Waktu                 :     3 x 40 menit

Standart Kompetensi       :     5.      Mamahami gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi Dasar           :     5.4    Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan

Pengamatan gejala-gejala alam

I.    Indikator

  1. Mendiskripsikan bahan-bahan berbahaya di laboratorium
  2. Mengidentifikasi simbol-simbol di dalam laboratorium

II.  Materi Pembelajaran

Materi pokok    :     Keselamatan kerja di laboratorium

Sub Materi        :     – Bahan-bahan berbahaya dilaboratorium

- Simbol-simbol di laboratorium

III. Pendekatan pembelajaran

Kontekstual

 Metode Pembelajaran

Kooperatif

 Model Pembelajaran

 Numbered Heads Together (NHT) tipe 1

Sintaks Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Kagan, 1992)

  1. Peserta didik dibagi dalam kelompok, setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor.
  2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
  3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
  4. Guru memanggil salah satu nomor peserta didik dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka.
  5. Teman yang lain memberi tanggapan, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
  6. Guru dan peserta didik menyimpulkan .
  7. Guru memberi evaluasi

Modifikasi model Pembelajaran Numbered Heads Together tipe 1

  1. Peserta didik dibagi dalam kelompok (setiap kelompok terdiri atas 4 orang).
  2. Peserta didik dalam setiap kelompok mendapatkan nomor yang berbeda.
  3. Guru memberikan tugas/soal tentang bahan berbahaya dan simbol-simbol di lab.
  4. Peserta didik mengerjakan nomor soal yang sesuai dengan nomor yang dimiliki.
  5. Peserta didik dalam kelompok, mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompok dapat mengerjakan/mengetahui jawabannya.
  6. Guru memanggil salah satu nomor peserta didik dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
  7. Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil tugas kelompoknya
  8. Peserta didik yang lain menanggapi
  9. Guru menunjuk nomor yang lain sampai seluruh tugas/soal terpresentasikan.
  10. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

     Tujuan Pembelajaran

Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat:

  1. Mendiskripsikan bahan – bahan berbahaya
  2. Mengidentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium

No

Kegiatan

Guru

Peserta didik

1

Kegiatan Awal

  • Memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan “Pernahkah kalian memasuki ruang laboratorium?
  • Melanjutkan pertanyaan “ Apakah kalian melihat ada alat-alat dan  bahan-bahan kimia juga?
  • Melanjutkan pertanyaan “ Apakah berbahaya jika kita secara sembarangan memegang alat-alat dan bahan-bahan k imia di laboratorium?
  • Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu Keselamatan Kerja di Laboratorium
  • Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” pernah)

 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta ddik menjawab “ ada…. banyak”
  • Menjawab pertanyaan guru, (harapan guru, peserta ddik menjawab “ sangat berbahaya, bisa keracunan, meledak bu “
  • Menulis topik yang akan dipelajari

 

  • Menulis tujuan pembelajaran

 

2

Kegiatan Inti

  • Membagi peserta didik dalam kelompok ( 4-5 orang )
  • Membagi nomor yang berbeda pada tiap peserta didik
  • Membagikan LKPD 1 dan LKPD 2
  • Meminta peserta didik dalam kelompok berbagi tugas untuk menyelesaikan LKPD 1 dan LKPD 2
  • Meminta peserta didik berdiskusi dalam kelompok apakah seluruh anggota kelompok telah memahami  seluruh materi yang terdapat pada LKPD 1 dan LKPD 2
  • Meminta peserta didik melakukan diskusi kelas
  • Menjadi fasilitator dalam diskusi kelas
  • Memberikan penguatan pada hasil diskusi (penguatan berupa konsep-konsep penting, contoh dapat dilihat pada materi essensial

 

 

  • Membentuk kelompok sesuai pembagian guru
  • Menerima nomor yang berbeda-beda tiap peserta didik
  • Menerima  LKPD 1 dan LKPD 2
  • Mengerjakan LKPD 1 (2 orang ) dan 2 0rang lagi mengerjakan LKPD 2

 

  • Melakukan diskusi dengan anggota kelompok

 

  • Mempersiapkan diskusi kelas

 

  • Mempresentasikan hasil kerja kelompok
  • Mencatat penguatan yang diberikan guru

 

3

Kegiatan Akhir

  • Guru memberi tugas pada peserta didik mempelajari materi berikutnya
 

  • Mengerjakan tugas guru

 

 

 

V.  Media Pembelajaran

      Alat/bahan            :     Alat tulis, LCD/OHP, LKPD 1,  LKPD 2

Sumber Belajar    :     Syamsuri, Istamar, dkk.2007. IPA Biologi SMP Kelas VII.        Jakarta: Erlangga.

Sunarto,dkk.2004. Sains Biologi I-A SMP. Solo: Tiga Serangkai

 

VI. Penilaian

  • Penilaian terhadap LKPD 1 dan LKPD 2
  • Penilaian Proses Belajar
  • Ulangan Harian

 

 

 

Tim Bidang Studi

Kepala Sekolah,                                                           Koordinator,

 

 

 

 

…………………….                                                   Siswadi Dinianto, SPt

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KD 6.1

 

 

Nama Sekolah                  : SMP/MTs Al-ZAytun

Mata Pelajaran               :      IPA (Biologi)

Kelas/Semester                :     VII/ 1

Alokasi Waktu                 :     3 x 40 menit

Standart Kompetensi       :     6.    Mamahami keanekaragaman Makhluk hidup

Kompetensi Dasar           :     6.1  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

 

I.    Indikator

  1.  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
  2.  Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan observasi
  3.  Membedakan ciri tumbuhan dan hewan

II.  Materi Pembelajaran

Materi Pokok    : Ciri-ciri Makhluk Hidup

Sub Materi        :

-         Ciri makhluk Hidup

-         Perbedaan antara Hewan dan Tumbuhan

III. Pendekatan Pembelajaran

      Kontekstual

Metode Pembelajaran

       Pembelajaran Kooperatif

Model Pembelajaran

       Grup Investigation

       Sintaks Model Pembelajaran Grup investigation ( Sharan, 1992)

  1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
  3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
  4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
  5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
  6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
  7. Evaluasi
  8. Penutup

    Modifikasi model Pembelajaran Grup Investigation

  1. Guru menuliskan topik
  2. Guru menuliskan tujuan pembelajaran
  3. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok
  4. Dalam kelompok masing-masing anggota kelompok diberi tanggung jawab untuk memahami materi yang berbeda
  5. Anggota kelompok yang memahami materi yang sama berkumpul menjelaskan keanggota yang lain
  6. Setelah diskusi maka anggota satu kelompok saling bertukar informasi tentang materi yang difahami.
  7. Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya melalui diskusi kelas
  8. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan

 IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 ( 3 x 40 Menit )

Tujuan Pembelajaran    

Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat:

  1. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
  2. Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan observasi
  3. Membedakan ciri tumbuhan dan hewan

 

No

Kegiatan

Guru

Peserta didik

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Awal

  • Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan 2 gambar, gambar  ke 1 sebuah batu dan gambar ke 2 sebatang tumbuhan, kemudian mengajukan pertanyaan”  Gambar yang manakah yang tergolong benda mati dan gambar manakah yang termasuk makhluk hidup?

 

  • Melanjutkan pertanyaan ” Mengapa gambar ke 2 termasuk makhluk hidup?

 

 

 

 

  • Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu Ciri-ciri Makhluk Hidup
  • Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” Gambar ke 1 termasuk benda mati dan gambar ke 2 termasuk makhluk hidup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” karena dapat tumbuh, dapat berkembang biak dll) beraneka ragam jawaban peserta didik .
  • Menulis topik yang akan dipelajari
  • Menulis tujuan pembelajaran

2

Kegiatan Inti

  • Membagi peserta didik menjadi 5 kelompok (terdiri dari 6 orang)
  • Meminta masing-masing anggota kelompok membaca materi yang berbeda
  • Meminta anggota kelompok yang mempelajari materi yang sama berkumpul dan menjelaskan keanggota kelompok yang lain
  • Meminta peserta didik melakukan diskusi kelas (menjadi fasilitator)
  • Memberikan  penguatan pada hasil diskusi (penguatan berupa konsep-konsep penting, dapat dilihat pada materi esensial)
 

  • Membentuk kelompok sesuai pembagian
  • Membaca materi sesuai pembagian dari ketua kelompok
  • Presentasi keteman dalam satu kelompok
  • Mempresentasikan hasil kerja kelompok
  • Mencatat  penguatan yang diberikan guru

3

Kegiatan Akhir

  • Menugaskan kepada peserta didik untuk mempelajari Klasifikasi makhluk hidup
 

  • Mendengarkan dan mengerjakan tugas dari guru

        

 

 

V.  Media Pembelajaran

      Alat/Bahan           :     Alat tulis, Gambar-gambar, OHP/LCD

      Sumber Belajar  :       Syamsuri, Istamar, dkk.2007. IPA Biologi SMP Kelas VII.        Jakarta: Erlangga.

 

VI. Penilaian

-         Penilaian proses belajar peserta didik

-         Ulangan Harian

 

 

 

Tim Bidang Studi

Kepala Sekolah,                                                           Koordinator,

 

 

 

 

…………………….                                                   Siswadi Dinianto, SPt

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KD 6.2

 

Nama Sekolah                  : SMP/MTs Al-ZAytun

Mata Pelajaran                : IPA (Biologi)

Kelas/Semester                : VII/ 1

Alokasi Waktu                 : 12 x 40 menit

Standart Kompetensi       : 6.    Mamahami keanekaragaman makhluk hidup

Kompetensi Dasar         : 6.2  Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki

 

I.    Indikator

1.      Membedakan makluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri-ciri khusus yang di miliki

2.      Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makluk hidup

  1. Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom
  2. Mengklasifikasikan beberapa makluk hidup disekitar berdasarkan ciri-ciri yang diamati.
  3. Menjelaskan cara penularan virus
  4. Menjelaskan cara hidup bakteri
  5. Menyebutkan klasifikasi protozoa
  6. Menyebutkan klasifikasi alga
  7. Menyebutkan manfaat alga
  8. Menjelaskan cara jamur mendapatkan makanan
  9. Menyebutkan manfaat jamur
  10. Menjelaskan cara perkembangbiakan lumut
  11. Membandingkan tumbuhan paku dan tumbuhan biji
  12. Membandingkan tumbuhan monokotil dan dikotil
  13. Manfaat tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil

 

II.   Materi Pembelajaran

Materi Pokok : Klasifikasi Makhluk Hidup

Sub Materi     :

Pertemuan 1  : Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi Berdasarkan Kode Internasional

Pertemuan 2  : Virus, Monera dan Protista

Pertemuan 3  : Jamur, Lumut, Tumbuhan Paku dan Tumbuhan Biji

Pertemuan 4  : Tumbuhan Biji Tertutup

Pertemuan 5  : Animalia

III.   Pendekatan Pembelajaran

         Kontekstual

         Metode Pembelajaran

         Pembelajaran kooperatif

         Model Pembelajaran

         Pertemuan   1 : Cooperatif Scrip Tipe 1

Pertemuan   2 : Numbered Heads Together (NHT)

Pertemuan   3 : Jigsaw

Pertemuan   4 : TGT Tipe 1

Pertemuan   5  : Jigsaw

 

Pertemuan 1

Sintaks Model Pembelajaran Cooperatif Scrip (Dansereau cs., 1985)

  1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
  2. Guru Membagikan wacana/Materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat                    ringkasan
  3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
  4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya sementara pendengar:
  • Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
  • Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
  1. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas
  2. Kesimpulan guru
  3. Penutup

Modifikasi model pembelajaran Cooperative scrip

  1. Guru menulis topik pembelajaran
  2. Guru menulis tujuan pembelajaran
  3. Guru membagi kelas menjadi 2 kelompok yaitu A dan B (Sebangku)
  4. Guru membagikan wacana berbeda untuk kelompok A dan B
  5. Peserta didik A berkumpul dengan A (4 -5 orang peserta didik) untuk berdiskusi.  Demikian juga untuk Kelompok B berkumpul dengan B (4-5 orang) untuk berdiskusi
  6. Kemudian kembali ke posisi semula (sebangku A & B) Peserta didik A menyampaikan informasi kepada peserta didik B. Peserta didik B bertugas mencatat informasi yang disampaikan oleh A
  7. Kemudian dibalik peserta didik B menyampaikan informasi kepada A, A bertugas mencatat informasi  yang disampaikan oleh B
  8. Guru meminta 2 orang peserta didik kelompok A untuk mempresentasikan hasil diskusi yang di dapatkan dari kelompok B, begitupun sebaliknya 2 orang dari kelompok B mempresentasikan materi yang didapat dari Kelompok A.
  9. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan

 

IV.    Langkah-langkah pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Melalui  pembelajaran ini peserta didik dapat:

  1. Mendiskripsikan pentingnya klasifikasi makhluk hidup
  2. Membedakan makluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri-     ciri khusus yang di miliki
  3. Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom
  4. Mengklasifikasikan beberapa makluk hidup disekitar berdasarkan ciri-ciri yang diamati.
  5. Menggunakan kunci determinasi sederhana

 

No.

Kegiatan

Guru

Peserta Didik

1

Kegiatan Awal

  • Mengajukan pertanyaan “ Apakah kalian pernah ke pasar?

 

 

  • Melanjutkan  pertanyaan “Pernahkah kalian mengamati  penjual buah, mengelompokkan buah-buahan berdasarkan jenisnya?

 

 

  •  Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu Klasifikasi makhluk hidup
  • Menyebutkan tujuan pembelajaran
  • Mengeksplorasi pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan “ bagaimanakah jika buah-buahan itu di campur jadi satu meletakkannya?

 

 

  • Menjawab pertanyaan guru  (harapan guru peserta didik menjawab “ Pernah/ sering”)

 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” pernah , buah jeruk dikumpulkan jeruk, buah apel dikumpulkan dengan apel

(sesuai jawaban peserta didik)”

  • Menulis topik yang akan dipelajari
  • Menulis tujuan pembelajarn
  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab”akan kesulitan untuk mencarinya jika diperlukan.”

2

Kegiatan inti

  • Membagi kelas menjadi 2 kelompok A dan B (sebangku)
  • Membagikan LKPD 1 kepada  kelompok A dan LKPD 2 kepada kelompok B
  • Meminta  peserta ddik mengerjakan LKPD secara individu
  • Memerintahkan Kelompok A bergabung dengan A  ( 4-5 Orang) untuk berdiskusi tentang LKPD 1 , demikian pula kelompok B bergabung dengan kelompok B (4-5 Orang) untuk berdiskusi tentang LKPD 2
  • Memerintahkan semuanya untuk kembali ketempat duduk semula (sebangku)
  • Memerintahkan peserta didik A menyampaikan informasi ke pada peserta didik B, B bertugas sebagai pendengar &  mencatat informasi  penting yang diberikan oleh A
  • Memerintahkan peserta didik B menyampaikan informasi ke A, A bertugas sebgai pendengar & mencatat informasi penting yang disampaikan oleh peserta didik B
  • Meminta salah satu orang peserta didik kelompok A secara acak mempresentasikan hasil yang telah disampaikan oleh peserta didik B didepan kelas
  • Meminta 1 orang peserta didik B secara acak mempresentasikan hasil yang telah disampaikan oleh  peserta didik A
  • Menjadi fasilitator

 

  • Memberikan penguatan pada hasil diskusi

 

 

  • Mengerjakan perintah guru

 

  • Membaca wacana yang diterima

 

  • Mengerjakan LKPD

 

  • A Berdiskusi dengan sesama kelompok A, dan B berdiskusil dengan sesama kelompok B

 

 

 

  • Kembali ketempat duduk semula
  • A Menyampaikan informasi tentang LKPD 1 kepada peserta didik B, (B bertugas mencata informasi dari A)
  • B Menyampaikan informasi tentang LKPD 2 kepada peserta didik A ( A bertugas mencatat informasi dari B)

 

  • Presentasi ke depan kelas

 

 

 

 

  • Presentasi ke depan kelas

 

 

  • Mengikuti diskusi dengan seksama
  • Mencatat penguatan yang diberikan oleh guru

 

3

Kegiatan Akhir

  • Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya

 

 

  • Mencatat dan melaksanakan tugas yang diberikan guru

 

 

V.    Media Pembelajaran

Alat/bahan              :     Alat tulis, LCD/OHP,

Sumber Belajar       :     Syamsuri, Istamar, dkk.2007. IPA Biologi SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

 

 

VI.   Penilaian

  • LKPD1 dan LKPD 2
  • Penilaian Proses Belajar

 

 

 

Tim Bidang Studi

Kepala Sekolah,                                                           Koordinator,

 

 

 

 

…………………….                                                   Siswadi Dinianto, SPt

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KD 6.3

 

 

Nama Sekolah            : SMP/MTs Al-ZAytun

Mata Pelajaran          : Biologi

Kelas/Semester          : VII/1

Alokasi Waktu           : 3 X 45 menit

Standar Kompetensi  : 6.   Memahami keanekaragaman makhluk hidup

Kompetensi Dasar    : 6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.

 

I.   Indikator

  1. Mendeskripsikan keragaman tingkat sel dan jaringan berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
  2. Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
  3. Mengaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ penyusun tubuh organisme
  1. II.    Materi pembelajaran

Materi Pokok       : Organisasi Kehidupan

Sub materi            : Hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ

 

  1. III.  Pendekatan Pembelajaran

 Kontekstual

       Metode Pembelajaran   

Pembelajaran Kooperatif

Model Pembelajaran

 Student Team Achievement Divisions (STAD)

 Sintaks Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD)

 (Slavin, 1995)

  1. Guru membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen
  2. Guru menyajikan pelajaran
  3. Guru memberi tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok
  4. Peserta didik yang bisa mengerjakan tugas/soal menjelaskan kepada anggota kelompok lainnya sehingga semua anggota dalam kelompok itu mengerti
  5. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis/pertanyaan peserta didik tidak boleh saling membantu.
  6. Guru memberi penghargaan (rewards) kepada kelompok yang memiliki nilai/poin tertinggi
  7. Guru memberikan evaluasi
  8. Penutup

 

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Tujuan pembelajaran:

Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat:

  1. Mengaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ, dan sistem organ penyusun tubuh organisme

 

 

 

No

 

Kegiatan

Guru

Peserta Didik

1.

Kegiatan Awal

  • Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan gambar/charta organisasi kehidupan. Kemudian guru mengajukan pertanyaan ‘apa penyusun terkecil tubuh manusia?’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Melanjutkan pertanyaan ‘Berdasarkan gambar tersebut, kumpulan dari sel disebut apa?’
  • Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu ’Organisasi kehidupan’
  • Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
  • Mengeksplorasi pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan ‘Bagaimanakah tingkatan organisasi kehidupan dari yang paling sederhana hingga ke yang paling kompleks?’
 

Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ‘sel’)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ‘jaringan’)

 

Menulis topik yang akan dipelajari

 

Menulis tujuan pembelajaran

 

Menjawab pertanyaan guru

(harapan guru, peserta didik menjawab ‘tingkatan organisasi kehidupan terdiri atas: molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ dan tubuh organisme)

2.

Kegiatan Inti

  • Membagi peserta didik dalam beberapa kelompok secara heterogen (masing-masing kelompok terdiri atas 4 orang)
  • Menyajikan pelajaran/topik tentang organisasi kehidupan (materi yang disampaikan berupa konsep-konsep penting, contoh materi dapat dilihat pada materi essensial)
  • Membagikan LKPD kepada tiap kelompok

 

 

 

 

  • Membagikan kuis/pertanyaan kepada seluruh peserta didik

 

  • Memberi penghargaan (rewads) kepada peserta didik yang bisa menjawab pertanyaan

 

 

Duduk dalam kelompok yang dibentuk oleh guru.

 

Memperhatikan dan mencatat penjelasan/materi yang disampaikan guru

 

 

 

Mengerjakan LKPD, anggota kelompok yang bisa mengerjakan tugas/soal menjelaskan kepada anggota kelompok lainnya sehingga semua anggota dalam kelompok itu mengerti

Menjawab kuis/pertanyan guru secara individu (mandiri)

 

Mendapat penghargaan (rewads) dari guru

 

 

3.

Kegiatan Akhir/Tindak Lanjut

  • Memberikan evaluasi
 

Mengerjakan soal-soal evaluasi

 

 

V. Media Pembelajaran

Alat/Bahan                : Alat tulis, LCD/OHP, Gambar/charta organisasi kehidupan

Sumber Belajar          : Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. Biologi untuk SMA kelas VII

                                   Jakarta: Penerbit Erlangga

 

 

VI. Penilaian

  • Evaluasi
  • Penilaian LKPD KD 6.3
  • Penilaian proses belajar peserta didik

 

 

 

 

 

Tim Bidang Studi

Kepala Sekolah,                                                           Koordinator,

 

 

 

 

…………………….                                                   Siswadi Dinianto, SPt

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KD 7.2

 

 

Nama Sekolah                  : SMP/MTs Al-ZAytun

Mata Pelajaran                :     IPA (Biologi)

Kelas/Semester                :     VII/ 1

Alokasi Waktu                 :     3 x 40 menit

Standart Kompetensi       :     7. Mamahami Saling ketergantungan dalam ekosistem

Kompetensi Dasar           :     7.2    Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman

Makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

I.    Indikator

  1. Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka
  2. Menyebutkan contoh makluk hidup yang tergolong makluk hidup langka disuatu lokasi
  3. Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
  4. Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi.

II.  Materi Pembelajaran

Materi Pokok    : Pelestarian keanekaragaman hayati

Sub Materi        :    

-          Perlindungan keanekaragaman hayati

-          Pemeliharaan hewan dan tumbuhan

III. Pendekatan Pembelajaran

       Kontekstual

Metode Pembelajaran

       Pembelajaran kooperatif

Model Pembelajaran

Think Pair and Share (TPS)  Tipe 1

Sintaks Model Pemebelajaran Think Pair and Share (Frank Lyman, 1985)

  1. Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Peserta didik diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahn yang disampaikan guru
  3. Peserta didik diminta untuk berpasangan dengan teman sebelahnya (dalam kelompok terdiri atas dua orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
  4. Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
  5. Berawal dari kegiatan tersebut, guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalah dan menambah materi yang belum diungkapkan oleh peserta didik
  6. Guru memimpin kesimpulan
  7. Penutup

Modifikasi Model Pembelajaran Think Pair and Share Tipe 1

  1. Guru menulis topic pembelajaran.
  2. Guru menulis tujuan pembelajaran
  3. Guru meminta peserta didik untuk membaca materi tentang Mikroskop
  4. Guru meminta peserta didik untuk berpasangan dengan teman sebangkunya
  5. Guru membagikan LKPD 1  untuk peserta didik yang sebangku (bangku ke-1) dan LKPD 2 untuk peserta didik bangku ke 2
  6. Guru meminta peserta didik mengerjakan LKPD secara individu (tahap think)
  7. Peserta didik menyampaikan/mengutarakan hasil atau jawaban LKPD kepada teman sebelahnya (tahap pair)
  8. Peserta didik membentuk kelompok kecil yang terdiri atas 4 orang untuk mendiskusikan kembali hasil/jawaban LKPD1 dan LKPD 2  (tahap share)
  9. Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
  10. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan

 

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

  Tujuan pembelajaran:

Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat:

  1. Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka
  2. Menyebutkan contoh makluk hidup yang tergolong makluk hidup langka disuatu lokasi
  3. Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
  4. Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi.

No.

Kegiatan

Guru

Peserta didik

1

Kegiatan Awal

  • Memotivasi peserta didk dengan mengajukan pertanyaan ”Di manakah kalian dapat melihat/mengamati hewan secara  langsung?
  • Melanjutkan pertanyaan “Apakah itu memang tempat hidup mereka sebenarnya?

 

  • Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu “pelestarian keanekaragaman hayati”
  • Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ” di kebun binatang atau di taman safari”

 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, pesrta didik menjawab ”Bukan, itu merupakan tempat pemeliharaan saja, dan dijadikan sarana wisata ’
  • Menulis topik yang akan dipelajari

 

 

  • Menulis tujuan pembelajaran

 

2

Kegiatan Inti

  • Meminta peserta didik untuk membaca materi tentang perlindungan keanekaragaman hayati serta pemeliharaan hewan dan tumbuhan

 

  • Meminta peserta didik untuk duduk berpasangan dengan teman sebangkunya
  • Membagikan LKPD 1 untuk peserta didik bangku ke 1 dan LKPD 2 Untuk peserta didik di bangku ke 2 dan meminta peserta didik untuk mengerjakan/berpikir secara individu atau mandiri
  • Meminta peserta didik untuk memikirkan kembali jawaban LKPD masing-masing dengan teman sebangkunya
  • Meminta peserta didik membentuk kelompok kecil yang terdiri atas 4 orang untuk mendiskusikan dan memikirkan kembali hasil/jawaban LKPD 1 dan LKPD 2
  • Menjadi fasilitator dan moderator diskusi kelas
  • Memberikan penguatan pada hasil diskusi ( penguatan berupa konsep-konsep penting, contoh dapat dilihat pada materi essensial )
 

  • Membaca materi

 

 

 

 

  • Duduk berpasangan dengan teman sebangkunya

 

  • Mengerjakan LKPD secara mandiri (tahap think)

 

 

 

 

  • Mendiskusikan hasil jawaban LKPD dengan teman sebangku (tahap pair)

 

  • Mendiskusikan jawaban  LKPD dalam kelompok kecil yang terdiri atas 4 orang (tahap share)

 

 

  • Mempresentasikan hasil kerja kelompok dalam diskusi kelas
  • Mencatat penguatan yang diberikan oleh guru

 

3

Kegiatan Akhir/Tindak Lanjut

  • Menugaskan peserta didik untuk mempelajari materi kepadatan populasi

 

 

  • Mengerjakan perintah guru

 

V.    Media Pembelajaran

                      

            Alat/bahan                    : Alat tulis, LCD/OHP,

Sumber Belajar             : Syamsuri, Istamar, dkk.2007. IPA Biologi SMP Kelas VII.        Jakarta: Erlangga.

VI.   Penilaian

-          LKPD1 dan LKPD 2

-          Penilaian Proses Belajar

 

 

Tim Bidang Studi

Kepala Sekolah,                                                           Koordinator,

 

 

 

 

…………………….                                                   Siswadi Dinianto, SPt

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KD 7. 3

 

 

Nama Sekolah                  : SMP/MTs Al-ZAytun

Mata Pelajaran                :     IPA (Biologi)

Kelas/Semester                :     VII/ 1

Alokasi Waktu                 :     3 x 40 menit

Standart Kompetensi     :       7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

Kompetensi Dasar           :     7.3    Memprediksi pengaruh kepadatan populasi

Manusia terhadap lingkungan

I.   Indikator

  1. Menjelaskan hubungan kepadatan penduduk dan ketersediaan air bersih
  2. Menjelaskan hubungan kepadatan penduduk dan ketersediaan udara bersih
  3. Menjelaskan hubungan kepadatan penduduk dan ketersediaan pangan
  4. Menjelaskan hubungan kepadatan penduduk dan kebutuhan lahan.
  5. Menjelaskan hubungan antara ledakan jumlah penduduk dengan kerusakan lingkungan

II.  Materi Pembelajaran

Materi Pokok    :  Dampak kepadatan populasi manusia

Sub Materi        :

  •  Kepadatan penduduk dunia
  •  Kepadatan penduduk dan permasalahanya
  •  Masalah kependudukan di Indonesia   

III.    Pendekatan Pembelajaran

         Kontekstual

Metode Pembelajaran

         Pembelajaran kooperatif

Model Pembelajaran

Jigsaw

Sintaks Model Pembelajaran Jigsaw (Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, and  Snapp, 1978)

  1. Guru membagi peserta didik dalam kelompok (masing-masing kelompok   beranggotakan 4 orang)
  2. Tiap peserta didik dalam kelompok diberi bagian materi yang berbeda (kelompok asal)
  3. Tiap peserta didik dalam kelompok membaca bagian materi yang ditugaskan.
  4. Anggota dari kelompok yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab  yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka.
  5. Setelah selesai diskusi dalam kelompok ahli, setiap peserta didik kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu kelompok mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan  dengan sungguh-sungguh, kemudian membuat rangkuman.
  6. Tiap kelompok/tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
  7. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan.
  8. Guru memberi evaluasi

 

IV. Langkah-langkah pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Melalui  pembelajaran ini peserta didik dapat:

Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih, udara bersih, pangan, dan lahan

 

No

Kegiatan

Guru

Peserta Didik

1.

Kegiatan Awal

  • Memotivasi peserta didik dengan membagikan  gambar grafik kenaikan jumlah penduduk indonesia pertahun, kemudian mengajukan pertanyaan ’Apakah penduduk Indonesia jumlahnya sedikit ?

 

  • Kemudian melanjutkan  pertanyaan ’Bagaimana jika keadaan seperti ini terus dibiarkan tidak segera ditangani?’

 

 

 

 

  • Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu ’Kepadatan populasi manusia’

 

  • Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar

 

 

 

Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ’ Jumlah penduduk Indonesia sangat banyak”

 

 

 

 

Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ” maka indonesia akan penuh dengan penduduk sedangkan tanah negara indonesia tetap, akan terjadi banyak masalah. (sesuai jawaban peserta didik)

 

Menulis topik yang akan dipelajari

 

 

Menulis tujuan pembelajaran

 

 

 

2.

Kegiatan Inti

  • Membagi peserta didik dalam kelompok (masing-masing kelompok terdiri atas 4 orang) sebagai kelompok asal

 

  • Membagikan materi dan LKPD yang berbeda kepada kelompok asal (masing-masing kelompok asal mendapatkan LKPD 1, 2, 3, dan 4)

 

 

 

 

 

 

  • Meminta peserta didik membaca bagian materi yang ditugaskan, kemudian menjawab bahan diskusi yang terdapat pada LKPD
  • Meminta peserta didik untuk membentuk kelompok ahli

 

 

  • Meminta peserta didik untuk kembali ke kelompok asal.

 

 

 

 

 

 

  • Menjadi fasilitator dan moderator diskusi kelas

 

  • Memberikan penguatan pada hasil diskusi (penguatan berupa konsep-konsep penting, contoh penguatan dapat dilihat pada materi essensial)
 

Duduk dalam kelompok asal (pembagian kelompok bersifat heterogen)

 

Mendapat materi dan LKPD yang berbeda dalam kelompok asal

(Misal: peserta didik 1 mendapat materi kepadatan penduduk dan ketersediaan air bersih, peserta didik 2 mendapat materi kepadatan penduduk dan ketersediaan udara bersih, peserta didik 3 mendapat materi kepadatan penduduk dan ketersedian pangan, sedangkan peserta didik 4 mendapat materi kepadatan penduduk dan ketersediaan lahan)

 

Peserta didik membaca materi dan mengerjakan LKPD

 

 

Peserta didik yang mempelajari materi dan LKPD yang sama berkumpul/bertemu dalam kelompok ahli untuk mendiskusikan materi.

Menjelaskan/mengajar materi/sub bab yang mereka kuasai kepada teman dalam kelompok asalnya. Anggota kelompok lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh, kemudian membuat rangkuman.

 

 

 

Tim ahli mempresentasikan hasil diskusi

 

 

Mencatat penguatan yang diberikan guru

3 Kegiatan Akhir

Memberikan tugas mempelajari materi  pengelolaan lingkungan

 

 Melaksanakan tugas dari guru

 

 

V. Media Pembelajaran

Alat dan Bahan          : Alat tulis,OHP/LCD, Gambar

Sumber Belajar          :  Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. IPA Biologi. Jakarta : Erlangga

 

 

VI. Penilaian

Penilaian proses belajar peserta didik

Penilaian LKPD 1,2,3,4

 

 

 

 

Tim Bidang Studi

Kepala Sekolah,                                                           Koordinator,

 

 

 

 

…………………….                                                   Siswadi Dinianto, SPt

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KD 7.4

 

 

Nama Sekolah               :     SMP/MTs Al-ZAytun

Mata Pelajaran             :     Biologi

Kelas/Semester             :     VII/1

Alokasi Waktu              :     3x 40 menit

Standart Kompetensi    :     7.      Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

Kompetensi Dasar        :     7.4    Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

 

I.    Indikator

  1. Mengidentifikasi sumber pencemaran udara
  2. Menjelaskan penyebab pencemaran tanah
  3. Mengidentifikasi sumber-sumber pencemaran air
  4. Mengidentifikasi sumber-sumber energi ramah lingkungan dan tak ramah lingkungan.

II.  Materi Pembelajaran

Materi Pokok    :     Pengelolaan lingkungan

Sub Materi        :     Mengatasi pencemaran          

III. Pendekatan Pembelajaran

Kontekstual

 Metode Pembelajaran

Pembelajaran kooperatif

       Model Pembelajaran     

CIRC (Cooperated Integrated Reading and Compisition)

       Sintaks Model Pembelajaran CIRC (Steven & Slavin, 1995)

  1. Membentuk  kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen
  2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
  3. Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
  4. Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
  5. Guru membuat kesimpulan bersama
  6. Penutup

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran

  Tujuan Pembelajaran    

Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat

1.   Menyebutkan penyebab erosi, pencemaran air, udara, tanah dan suara

2.   Menjelaskan cara pengelolaan lingkungan

 

No

Kegiatan

Guru

Peserta didik

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Awal

  • Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan 2 gambar, 1 tanah longsor dan 2 banjir, kemudian mengajukan pertanyaan ” Gambar apa ini ?
  • Melanjutkan pertanyaan ”mengapa gambar ke 1 bisa terjadi begitu juga dengan gambar ke 2 ?

 

 

 

 

 

  • Melanjutkan pertanyaan ”Dapatkah hal-hal seperti di gambar ini dicegah/ supaya tidak terjadi?

 

 

 

  • Menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu Pengelolaan lingkungan
  • Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” ke-1 gambar tanah longsor, ke-2 gambar banjir

 

  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” Tanah longsor karena hutannya gundul demikian juga banjir bisa disebabkan oleh hutan yang gundul dan tumpukan sampah disungai.
  • Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” bisa, tidak menebang hutan sembarangan dan tidak membuang sampah kesungai
  • Menulis topik yang akan dipelajari

 

  • Menulis tujuan pembelajaran
2 Kegiatan Inti

  • Membagi peserta didik menjadi 6 kelompok (terdiri dari 4-5 orang)
  • Masing-masing kelompok diberi tugas membaca dan merangkum materi tentang erosi, pencemaran tanah, air, udara dan suara. Kelompok 1,2, dan 3 merangkum tentang erosi, penc tanah dan air. Kelompok 4,5, dan 6 merangkum tentang pencemaran udara dan suara
  • Meminta kelompok menuliskan hasil rangkuman pada plastik transparan
  • Meminta peserta didik melakukan diskusi kelas (menjadi fasilitator)

 

 

 

  • Memberikan  penguatan pada hasil diskusi (penguatan berupa konsep-konsep penting, dapat dilihat pada materi esensial)
 

  • Membentuk kelompok sesuai pembagian
  • Bekerja dalam kelompok

 

 

 

 

 

 

 

  • Melaksanakan tugas guru

 

  • Meminta perwakilan kelompok untuk presentasi hasil rangkuman (misal kelompok 1 dan 5 yang presentasi)

 

  • Mencatat  penguatan yang diberikan guru
3 Kegiatan Akhir

  • Melakukan evaluasi
 

  • Mengerjakan evaluasi

 

 

 

V.Media Pembelajaran

            Alat/bahan                    : Alat tulis, LCD/OHP, LKPD 1,  LKPD 2

Sumber Belajar             : Syamsuri, Istamar, dkk.2007. IPA Biologi SMP Kelas VII.        Jakarta: Erlangga.

VI.Penilaian

  • Penilaian Proses Belajar
  • Post test

 

Tim Bidang Studi

Kepala Sekolah,                                                           Koordinator,

 

 

 

 

…………………….                                                   Siswadi Dinianto, SPt

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Tentang siswadi77

manusia tidak ada yang sempurna, tapi kita harus berusaha untuk kesempurnaan itu...
Tulisan ini dipublikasikan di SMP/MTS dan tag , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s