RPP BIOLOGI KELAS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan                  : 1, 2,  dan 3

Alokasi Waktu            : 6 × 45 menit

Standar Kompetensi      :     1.            Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Kompetensi Dasar         : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.

Tujuan                        : 1.   Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya

                                       2.   Siswa mampu menyusun rencana penelitian  pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan

 

 ======================================================================                                            

 

  1. I.       Indikator
  • Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
    • Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
    • Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
    • Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
    • Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
    • Menyusun unit-unit penelitian
    • Membuat tabel pengamatan
    • Menyusun rencana penelitian tertulis
  1. II.    Materi Ajar
  • Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
  1. faktor internal
  2. faktor eksternal
  • Menyusun rencana penelitian

III. Metode Pembelajaran

Pengamatan – Diskusi – Penugasan –  Presentasi

  1. IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan 1 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
  • Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.
  1. Kegiatan inti (60 menit)
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
  1. Kegiatan akhir (20 menit)
  • Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
  • Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah.

Pertemuan 2 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (20 menit)
  • Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan 1.1.
  1. Kegiatan inti (60 menit)
  • Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
  • Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23.
  • Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
  • Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
  • Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
  • Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan.
  • Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.
  1. V.     Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
  • Alat bantu presentasi
  1. VI.  Penilaian
  • Tugas kelompok penyusunan proposal
  • Presentasi proposal penelitian
  • Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan                  : -

Alokasi Waktu            : 0 × 45 menit

Standar Kompetensi  : 1.  Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Kompetensi Dasar      :  1.2    Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

Tujuan                        : Siswa mampu melaksanakan penelitian pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, mencatat hasil, dan menyusun laporan

 

 ====================================================================                                            

 

  1. I.       Indikator
  • Menyiapkan alat dan bahan
  • Memberikan perlakuan
  • Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan
  • Menganalisis data hasil pengamatan
  • Menyimpulkan hasil penelitian
  • Menyusun laporan tertulis hasil penelitian
  1. II.    Materi Ajar
  • Membuat unit-unit penelitian
  • Memberi perlakuan
  • Mengukur kecepatan pertumbuhan
  • Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan
  • Mengolah data hasil pengamatan
  • Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah
  • Melaporkan hasil penelitian

III. Metode Pembelajaran

Eksperimen

  1. IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Seluruh kegiatan dilaksanakan secara mandiri oleh kelompok. Sambil menunggu semua kelompok selesai melakukan penelitian dan mempresentasikan hasilnya kegiatan belajar dapat dilanjutkan dengan KD selanjutnya.

  1. V.     Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
  1. VI.  Penilaian
  • Tugas laporan hasil penelitian

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan                  : 4 dan 5

Alokasi Waktu            : 4 × 45 menit

Standar Kompetensi  : 1.  Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Kompetensi Dasar      : 1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

Tujuan                         :  Siswa dapat mengkomunikasikan hasil penelitian secara tertulis dan lisan.

 

 ======================================================================                                             

 

  1. I.       Indikator
  • Mempresentasikan hasil penelitian secara lisan
  1. II.    Materi Ajar
  • Tehnik presentasi

III. Metode Pembelajaran

Penugasan – Diskusi- Presentasi

  1. IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan 4 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menjelaskan teknis pelaksanaan presentasi.
  • Guru mengatur urutan presentasi tiap kelompok.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa lain yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.
  1. Kegiatan akhir (20 menit)
  • Guru memberi penilaian umum pelaksanaan presentasi.

Pertemuan 5 (2 X 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (5 menit)
  • Guru memberi kesempatan kelompok untuk presentasi sesuai dengan urutan yang sudah disepakati.
  1. Kegiatan inti (75 menit)
  • Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru memberikan kesimpulan akhir presentasi.
  1. V.     Alat / Bahan/ Sumber
  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
  • Alat bantu presentasi
  1. VI.  Penilaian
  • Presentasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan                  : 6 dan 7

Alokasi Waktu            :  4 × 45 menit

Standar Kompetensi   : 2.   Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme

Kompetensi Dasar      :  2.1    Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme

Tujuan                         : 1.   Siswa mampu menjelaskan struktur enzim dan fungsinya dalam reaksi metabolisme

                                             2.            Siswa mampu menguji prinsip kerja enzim dengan eksperimen

 

 =====================================================================                                              

 

  1. I.       Indikator
  • Mendeskripsikan struktur enzim
  • Menguji kerja enzim dengan enzim
  • Menyimpulkan prinsip kerja enzim
  1. II.    Materi Ajar
  • Struktur enzim
  • Prinsip kerja enzim

III. Metode Pembelajaran

Eksperimen – Dikusi

  1. IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

      Pertemuan 6 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (15 menit)
  • Guru menunjukkan beberapa aktivitas yang membutuhkan energi.
  • Guru menanyakan asal energi yang digunakan oleh tubuh.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan pengertian metabolisme.
  • Guru bersama mendiskusikan peranan enzim dalam reaksi metabolisme.
  1. Kegiatan inti (60 menit)
  • Siswa  bersama guru mendiskusikan struktur enzim.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan cara kerja enzim.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
  1. Kegiatan akhir (15 menit)
  • Guru menyimpulkan peranan, struktur, cara kerja, dan faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
  • Guru membagi kelompok untuk Kegitan praktikum 2.1 pada pertemuan, berikutnya dan menugaskan masing-masing kelompok untuk membawa hati untuk kegiatan praktikum.

      Pertemuan 7 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (20 menit)
  • Guru membagi kelompok dan meminta siswa untuk menyiapkan eksperimen. pengaruh konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim dengan menggunakan Kegiatan 2.1.
  • Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan 2.1
  1. Kegiatan inti (60 menit)
  • Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 21.
  • Siswa mencatat hasil pengamatan.
  • Siswa menyimpulkan hasil eksperimen dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
  • Siswa menyusun laporan hasil praktikum.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa bersama guru menyimpulkan hasil praktikum.
  • Siswa mengumpulkan laporan.
  1. V.     Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
    • Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
  1. VI.  Penilaian
  • Laporan hasil praktikum
  • Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan                  : 8 , 9, 10 , 11, dan 12

Alokasi Waktu            : 10 × 45 menit

Standar Kompetensi   : 2.   Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme

Kompetensi Dasar      :  2.2    Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

Tujuan                        : Siswa dapat membedakan dan mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

 

 ======================================================================                                            

 

I.    Indikator

  • Mendefinisikan pengertian metabolisme
  • Menguji reaksi respirasi dengan eksperimen
  • Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
  • Membandingkan respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan
  • Menguji proses fotosintesis dengan eksperimen
  • Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis

II.  Materi Ajar

  • Proses respirasi
  • Tahap-tahap reaksi respirasi
  • Proses fotosintesis
  • Tahap-tahap reaksi fotosintesis

III. Metode Pembelajaran

Diskusi-Eksperimen-Penugasan

  1. VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

      Pertemuan 8 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menanyakan pengertian katabolisme dan contoh reaksi katabolisme.
  • Guru menunjukkan beberapa gejala yang menunjukkan adanya proses respirasi.
  • Guru bersama siswa mendiskusikan peranan respirasi bagi manusia.
  1. Kegiatan inti (60 menit)
  • Guru menjelaskan reaksi umum respirasi.
  • Guru meminta siswa dalam kelompok mendiskusikan cara membuktikan reaksi respirasi.
  • Siswa menjelaskan cara membuktikan reaksi respirasi hasil diskusi kelompok.
  1. Kegiatan akhir (20 menit)
  • Guru bersama siswa menyimpulkan proses respirasi.
  • Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi sebenarnya merupakan rangkaian banyak reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
  • Guru menugaskan siswa mempelajari tahap-tahap reaksi respirasi.

      Pertemuan 9 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (20 menit)
  • Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi bukanlah merupakan reaksi tunggal, tetapi merupakan rangkaian reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
  • Dengan menggunakan Gambar 2.15, guru menjelaskan hubungan antara ketiga tahap reaksi tersebut dalam proses respirasi.
  1. Kegiatan inti (60 menit)
  • Dengan menggunakan Gambar 2.16, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi glikolisis.
  • Berdasarkan tahap-tahap reaksi glikolisis siswa mendiskusikan pengertian glikolisis dilihat dari aspek zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
  • Dengan menggunakan Gambar 2.17, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi pada siklus Krebs.
  • Berdasarkan tahap-tahap siklus Krebs siswa menyimpulkan pengertian siklus krebs dilihat dari zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
  • Dengan menggunakan Gambar 2.18, siswa mendiskusikan proses transpor elektron dan hasilnya.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa bersama guru mendiskusikan hasil repirasi apabila yang masuk dalam reaksi fotosintesis adalah glukosa.

Pertemuan 10 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (20 menit)
  • Guru menjelaskan bahwa makhluk hidup dapat melakukan dua macam reaksi repirasi yaitu respirasi aerob dan anaerob.
  • Siswa mendiskusikan perbedaan pengertian reaksi aerob dan anaerob.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara respirasi anaerob dan fermentasi.
  1. Kegiatan inti (50 menit)
  • Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa reaksi fermentasi.
  • Siswa menyimpulkan jumlah ATP yang dihasilkan dalam fermentasi.
  1. Kegiatan akhir (20 menit)
  • Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan reaksi repirasi aerob dan anaerob dilihat dari ATP yang dihasilkan.

Pertemuan 11 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 2.2 (daun Geranium  sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya.
  • Siswa mengambil alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan eksperimen.
  1. Kegiatan inti (40 menit)
  • Siswa melakukan kegiatan pengujian daun Geranium dengan menggunakan Kegiatan 2.2.
  • Siswa mencatat hasil pengamatan.
  1. Kegiatan akhir (40 menit)
  • Guru menjelaskan reaksi umum fotosintesis
  • Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara hasil eksperimen dengan reaksi fotosintesis.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan struktur daun dan bagian daun (kloroplas) tempat berlangsungnya fotosintesis.

Pertemuan 12 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (20 menit)
  • Guru menjelaskan pengertian reaksi anabolisme.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan contoh reaksi  fotosintesis dan kemosintesis sebagai contoh reaksi anabolisme.
  • Guru mengingatkan kembali stuktur kloroplas (grana dan stroma) dan peranannya dalam fotosintesis.
  1. Kegiatan inti (60 menit)
  • Siswa bersama guru mendiskusikan pengikatan energi cahaya matahari  dalam reaksi terang fotosintesis dan hasilnya.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan penggunaan hasil reaksi terang untuk pembentukan glukosa dalam reaksi gelap (siklus Calvin).
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa menyimpulkan proses fotosintesis dan hasilnya.
  • Guru menugaskan siswa siswa membuat bagan atau skema proses metabolisme dengan Kegiatan 2.3. Media yang digunakan bebas bisa berupa kertas maupun menggunakan power point.

V.   Alat/ Bahan/ Sumber

  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian

  • Laporan hasil praktikum
  • Uji kompetensi tertulis
  • Bagan proses metabolisme

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan                  : 13

Alokasi Waktu            : 2 × 45 menit

Standar Kompetensi  : Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme

Kompetensi Dasar     :  2.3    Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein

Tujuan                         : Siswa mampu membedakan dan menjelaskan keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein

 

 =======================================================================                                              

 

  1. I.       Indikator
  • Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat
  1. II.    Materi Ajar
  • Proses katabolisme lemak
  • Proses katabolisme protein
  • Hubungan proses katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat

III. Metode Pembelajaran

Diskusi

 

  1. IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan 13 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menjelaskan bahwa dalam sel tidak hanya karbohidrat yang bisa menjadi bahan katabolisme untuk memperoleh energi, tetapi lemak dan protein juga.
  1. Kegiatan inti (60 menit)
  • Dengan menggunakan Gambar 2.29, siswa bersama guru menjelaskan hubungan antara katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbandingan jumlah energi pada katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak
  1. Kegiatan akhir (20 menit)
  • Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan proses katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein
  • Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan jumlah energi yang dihasilkan pada metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein

V.   Alat/ Bahan/ Sumber

  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa 1IIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian

·     Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan                  : 14, 15, dan 16

Alokasi Waktu            : 6 × 45 menit

Standar Kompetensi  : 3.   Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas

Kompetensi Dasar     :  3.1    Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom

Tujuan                            :        Siswa mampu membedakan dan menjelaskan tentang gen, DNA, dan kromosom

 

 =======================================================================                                            

 

  1. I.       Indikator
  • Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
  • Mendeskripsikan struktur DNA
  • Mendeskripsikan proses replikasi DNA
  • Mendeskripsikan struktur RNA
  • Membedakan DNA dan RNA
  1. II.    Materi Ajar
  • Struktur sel dan  kromosom
  • Hubungan kromosom, gen, dan DNA
  • Struktur DNA
  • Replikasi DNA

III. Metode Pembelajaran

Eksperimen-Diskusi

 

  1. IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

 

Pertemuan 14 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru mengidentifikasi pemahaman siswa tentang gen (sifat yang dapat diturunkan) dengan memberi pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Dengan diberikan gambar sel, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian sel yang membawa sifat gen.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kromosom sebagai tempat gen tersimpan.
  • Guru memberikan gambar kariotipe manusia siswa memotong-motong gambar tersebut dan mengurutkan berdasarkan ukurannnya dengan menggunakan Kegiatan 3.1.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan simbol gen dan alel.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.

Pertemuan 15 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menjelaskan bahwa gen tersusun atas molekul DNA.
  • Guru menjelaskan beberapa hasil penelitian tentang DNA (misalnya aturan Chargaf dan foto sinar X molekul DNA).
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru bersama siswa mendiskusikan komponen penyusun molekul DNA (Deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat).
  • Siswa bersama guru mendiskusikan arti penting temuan chargaf dan foto sinar X DNA bagi penemuan struktur tiga dimensi  DNA oleh Watson dan Crick.
  • Dengan menggunakan Gambar 3.11 dan 3.13 atau model DNA, siswa bersama guru mendiskusikan struktur tiga dimensi DNA menurut Watson dan Crick.
  • Dengan menggunakan Gambar 3.14, siswa mendikusikan berbagai hipotesis replikasi DNA dan menentukan yang paling benar.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa bersama guru menyimpulkan struktur DNA dan proses Replikasi DNA

Pertemuan 16 (2 × 45 menit)

 

A.  Kegiatan awal

  • Guru menanyakan kembali struktur DNA sebagai substansi genetika.
  • Guru menjelaskan bahwa selain DNA sebagai substansi genetika DNA juga berkaitan dengan molekul RNA.
  1. Kegiatan inti
  • Siswa bersama mendiskusikan struktur RNA.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan DNA dan RNA.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis RNA dan fungsinya.
  1. Kegiatan akhir
  • Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi RNA.
  1. V.     Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

 

  1. VI.  Penilaian
  • Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan                  : 17

Alokasi Waktu            : 2 × 45 menit

Standar Kompetensi  : 3.  Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas

Kompetensi Dasar     :  3.2 Menjelaskan hubungan gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein

Tujuan                         : Siswa mampu menjelaskan hubungan antara gen, DNA, RNA, polipeptida, dan proses sintesis protein

 

 ======================================================================                                            

 

  1. I.       Indikator
  • Menjelaskan kode genetik (Kodon)
  • Mendeskripsikan proses sintesis protein
  1. II.    Materi Ajar
  • Kode genetik
  • Sintesis protein

III. Metode Pembelajaran

Diskusi

  1. IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

      Pertemuan I7 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (20 menit)
  • Guru menanyakan kembali struktur DNA dan RNA.
  • Guru menanyakan kembali macam basa nitrogen yang terdapat dalam DNA dan RNA.
  1. Kegiatan inti (60 menit)
  • Guru menjelaskan hubungan antara sifat genotip dengan sifat fenotip.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan sistem pengaturan kode genetik (Kodon).
  • Dengan menggunkan Gambar 3.21, 3.22, dan 3.23, siswa mendiskusikan proses sintesis protein.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara DNA, RNA, kode genetik, dan sintesis protein.
  1. V.     Alat / Bahan/ Sumber
  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
  1. VI.  Penilaian
  • Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan                  : 18, 19, dan 20

Alokasi Waktu            : 6 × 45 menit

Standar Kompetensi      :     3.            Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas

Kompetensi Dasar         :     3.3          Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat

Tujuan                         : 1.   Siswa mampu membedakan dan menjelaskan proses pembelahan mitosis dan meiosis, serta keterkaitannya dengan pewarisan sifat

                                       2.   Siswa mampu menjelaskan proses gonetogenesis

 

 =======================================================================                                            

 

  1. I.       Indikator
  • Menggambar siklus sel
  • Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
  • Mengamati pembelahan sel
  • Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
  • Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis
  1. II.    Materi Ajar
  • Siklus sel
  • Mitosis
  • Meiosis
  • Gemetogenesis

III. Metode pembelajaran

Pengamatan-Diskusi

 

  1. IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan 18 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru mengingatkan kembali adanya gejala pertumbuhan.
  • Guru menayakan kepada siswa hubungan antara pertumbuhan dan pembelahan sel.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan pembelahan amitosis, mitosis, dan meiosis dilihat dari aspek proses dan hasilnya.
  • Siswa mendiskusikan proses dan contoh pembelahan amitosis.
  • Dengan menggunakan Gambar 4.3, siswa bersama guru mendiskusikan sikuls sel (tahap G1, S, G2, dan fase mitotik).
  • Dengan menggunakan Gambar 4.4, siswa bersama guru mendiskusikan profase, metafase, anafase, dan telofase pada pembelahan mitosis.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian pembelahan sel, siklus sel, dan fase-fase pembelahan mitosis.

Pertemuan 19 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menanyakan kembali tahap-tahap pada pembelahan mitosis.
  • Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan pembelahan sel dengan Kegiatan 4.1 (apabila tidak memungkinkan pengamatan dapat dilakukan dengan pengmatan preparat awetan atau foto mikroskopis).
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  • Siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
  • Siswa menentukan fase pembelahan sel pada sel-sel yang teramati.
  • Siswa menggambar hasil pengamatan.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa menyimpulkan hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan diskusi dari Kegiatan 4.1.
  • Siswa mengumpulkan hasil kegiatan.

Pertemuan 20 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (20 menit)
  • Guru menanyakan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dilihat dari proses dan hasilnya.
  • Guru menjelaskan adanya perbedaan yang mendasar antara tahap metafase mitosis dengan metafase meiosis I dan anafase mitosis dan anafase meiosis I.
  • Guru menjelaskan bahwa pada meiosis I proses pembelahannya sama dengan mitosis.
  1. Kegiatan inti (60 menit)
  • Guru menugaskan kepada siswa untuk menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis jika diketahui jumlah kromosomnya.
  • Siswa mengidentifikasi hasil dari pembelahan meiosis dilihat dari jumlah sel anakan dan sifat kromosomnya.
  • Guru menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis yang terjadi pada pembentukan gamet (gametogenesis pada hewan).
  • Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis pada gametogenesis tumbuhan.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis.
  • Siswa bersama guru menyimpulkan proses gametogenesis dan hasilnya.
  1. V.     Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

 

  1. VI.  Penilaian
  • Laporan hasil pengamatan
  • Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan                  : 21, 22, 23, dan 24

Alokasi Waktu            : 8 × 45 menit

Standar Kompetensi   : 3.   Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas

Kompetensi Dasar      : 3.4    Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat

Tujuan                         : Siswa memahami prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat

 

 ======================================================================                                            

 

  1. I.       Indikator
  • Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel
  • Menguji hukum mendel dan model perkawinan monohibrid dan dihibrid
  • Menerapkan beberapa pola penurunan sifat
  • Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia
  1. II.    Materi Ajar
  • Hukum Mendel
  • Pola-pola hereditas
  • Genetika manusia

III. Metode Pembelajaran

Eksperimen-Diskusi

  1. IV.  Langkah-langkah pembelajaran

 

Pertemuan 21 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menanyakan kembali pengertian gen kepada siswa.
  • Guru menjelaskan latar belakang penelitian Mendel dengan menggunakan kacang kapri.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel I (hukum segregasi).
  • Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dalam pembentukan gamet.
  • Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dengan beberapa kasus perkawinan monohibrid pada pada kacang kapri
  • Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel II ( Law of Independent Assortment).
  • Siswa menerapkan Hukum Mendel II dalam pembentukan gamet.
  • Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel II pada beberapa beberapa kasus perkawinan dihibrid pada kacang kapri.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip Testcross, Backcross, dan persilangan resiprok.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa bersama guru menyimpulkan hukum Mendel dan implementasinya pada pewarisan sifat.

Pertemuan 22 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menanyakan kembali prinsip hukum Mendel.
  • Guru meminta guru menguji kebenaran hukum Mendel dengan model persilangan menggunakan kancing genetika dengan Kegiatan 5.1.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Siswa menyiapkan Kegiatan 5.1 dengan mengambil seperangkat kancing genetika.
  • Siswa melakukan pengujian hukum Mendel I dengan model  perkawinan monohibrid dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
  • Siswa melanjutkan dengan dengan menguji hukum Mendel II dengan model perkawinan dihibrid dengan menggunakan petunjuk yang diberikan guru.
  • Siswa mencatat hasil penghitungan dan membulatkan perbandingan.
  • Siswa menyimpulkan hasil penghitungan dengan hasil teoritik menurut hukum Mendel.
  • Siswa menyusun laporan hasil kegiatan.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Guru mengumpulkan hasil kegiatan setiap kelompok, kemudian menghitung hasil kelas.
  • Siswa menyimpulkan perbandingan antara hasil kelompok dan hasil kelas.
  • Siswa mengumpulkan laporan hasil kegiatan.

Pertemuan 23 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menanyakan kemungkinan perbandingan fenotip keturunan pada perkawinan monohibrid heterozigot (F2).
  • Guru menanyakan kemungkinan perbendingan fenotip keturunan pada perkawinan dihibrid heterozigot (F2).
  • Guru menjelaskan ada pewarisan sifat yang seolah-olah menyimpang dari hukum Mendel.
  1. Kegiatan inti (75 menit)
  • Guru memberikan contoh karakter yang bersifat intermediet (dominansi tidak sempurna) lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbendingan  yang dihasilkan.
  • Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kodominan, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab terjadinya perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
  • Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel ganda, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
  • Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel letal, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
  • Guru memberikan contoh karakter yang bersifat atavisme, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
  • Guru memberikan contoh karakter yang bersifat polimeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan
  • Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kriptomeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
  • Guru memberikan contoh karakter yang bersifat epistasis dan hipotasis, lalu siswa menghitung perbandingan fenotif pada F2.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
  • Guru memberikan contoh karakter yang bersifat komplementer, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
  • Guru memberikan contoh terjadinya tautan dan pindah silang, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip keturunannya.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
  • Guru memberikan contoh gen yang tertaut kelamin (Sex linked genes), lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
  1. Kegiatan akhir (5 menit)
  • Siswa bersama menyimpulkan hubungan hukum Mendel dengan berbagai pola penurunan sifat.

Pertemuan 24 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (15 menit)
  • Guru menanyakan kepada siswa apakah prinsip-prinsip hukum Mendel dapat diterapkan dengan mudah pada manusia.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan kesulitan mempelajari genetika pada manusia.
  • Siswa bersama guru mendiskuikan penggunaan peta silsilah untuk mempelajari genetika manusia.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru menjelaskan prinsip pewarisan sifat golongan sistem ABO, MN, dan Rh.
  • Guru memberikan beberapa contoh permasalahan golongan darah pada manusia dan siswa memecahkan permasalahan tersebut.
  • Guru menjelaskan beberapa kelainan genetis pada manusia.
  • Guru memberikan beberapa persoalan gangguan/penyakit genetis pada manusia dan siswa memecahkan persoalan tersebut.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada tumbuhan dan hewan.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada manusia.

C.   Kegiatan akhir (5 menit)

  • Bersama siswa menyimpulkan prinsip penerapan genetika pada manusia.
  • Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan Kegiatan 5.3 dan 5.4. Hasil pengkajian disusun dalam kertas kerja yang dijilid dan dikumpulkan.
  1. V.     Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

 

  1. VI.  Penilaian
  • Laporan hasil kegiatan
  • Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 1

Pertemuan                  : 25 dan 26

Alokasi Waktu            : 4 × 45 Menit

Standar Kompetensi  : 3.   Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas

Kompetensi Dasar      : 3.4    Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas

Tujuan                        : Siswa mampu menjelaskan perisitwa mutasi

 

 ======================================================================                                            

 

  1. I.       Indikator
  • Mendeskripsikan pengertian mutasi
  • Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen
  • Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom
  • Mengubungkan mutasi dan evolusi

II.  Materi Ajar

  • Pengertian mutasi
  • Macam-macam mutasi:

1.   Mutasi gen

2.   Mutasi kromosom

III. Metode Pembelajaran

Diskusi- Penugasan-Simulasi model

IV. Langkah-Langkah pembelajaran

 

   Pertemuan 25 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru mengingatkan kembali adanya sifat yang dapat diwariskan (gen) dan mekanisme pengaturannya.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan hal yang akan terjadi seandainya susunan gen mengalami perubahan.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Guru meminta siswa menunjukkan beberapa gejala mutasi baik alami maupun buatan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
  • Siswa mendefinisikan pengertian mutasi berdasarkan gejala-gejala yang dapat ditemukan.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme terjadinya mutasi.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan macam-macam mutasi berdasarkan tempat terjadinya.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan mutasi tingkat gen dan tingkat kromosom.
  • Dengan menggunakan gambar atau model siswa bersama mendiskusikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada mutasi gen.
  • Siswa untuk membuat model mutasi pergesaran kerangka dengan menggunakan Kegiatan 6.1 dalam kelompok.
  • Siswa mendiskusikan pertanyaan pada Kegiatan 6.1.
  • Siswa membuat laporan Kegiatan 6.1.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian mutasi, macam-macam mutasi, dan berbagai kemungkinan yang terjadi pada mutasi gen.

   Pertemuan 26 (2 × 45 menit)

 

A.  Kegiatan awal (5 menit)

  • Guru menanyakan kembali tentang berbagai macam mutasi dilihat dari tingkat terjadinya mutasi.
  • Guru menanyakan kembali pengertian mutasi kromosom.

B.   Kegiatan inti (75 menit)

  • Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan yang terjadi pada mutasi kromosom.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai kelainan yang terjadi pada manusia yang mengalami mutasi kromosom.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan peranan mutasi bagi pembentukan spesies baru dan evolusi.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)

  • Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai macam mutasi kromosom dan dampaknya.
  • Siswa bersama guru menyimpulkan peranan mutasi bagi proses evolusi.
  • Guru menugaskan siswa untuk menyusun ketas kerja dengan Kegiatan 6.3  atau diskusi Salingtemas.

V.   Alat/ Bahan/ Sumber

  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

 

VI. Penilaian

  • Ujian kompetensi tertulis
  • Tugas kertas kerja

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2

Pertemuan                  : 27

Alokasi Waktu            : 2 × 45 Menit

Standar Kompetensi  : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas

Kompetensi Dasar      : 4.1    Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi

Tujuan                         : Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi

 

 ======================================================================                                             

 

  1. I.       Indikator
  • Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
  • Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin

II.  Materi Ajar

  • Hipotesis asal usul kehidupan
  • Teori evolusi Darwin

III. Metode Pembelajaran

Diskusi

 

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

 

   Pertemuan 27 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
  • Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.

B.   Kegiatan inti (70 menit)

  • Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
  • Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
  • Siswa mendiskusikan mekanisme  evolusi menurut Darwin.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)

  • Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
  • Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.

V.   Alat/ Bahan/ Sumber

  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

 

VI. Penilaian

·     Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2

Pertemuan                  : 28 dan 29

Alokasi Waktu            : 4 × 45 menit

Standar Kompetensi  : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas

Kompetensi Dasar      : 4.2    Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi

Tujuan                        : Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi evolusi

 

 ===================================================================                                           

 

  1. I.       Indikator
  • Menujukkkan bukti-bukti evolusi
  • Mendeskripsikan ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
  • Menerapkan hukum Handy-Weinberg
  1. II.    Materi Ajar
  • Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
  • Teori evolusi biologi dan kimia
  • Hukum Hardi-Weinberg

III. Metode pembelajaran

Diskusi -Penugasan

  1. IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

   Pertemuan 28 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menjelaskan bahwa teori evolusi.  Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung teori tersebut.
  • Guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung  teori evolusi, misalnya adanya variasi, adanya fosil.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi embrio.
  • Guru menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses spesiasi.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi.

   Pertemuan 29 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam populasi.
  1. Kegiatan inti (70 menit)
  • Siswa bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme evolusi dalam populasi.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
  • Siswa menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg.
  • Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.

(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak menonton VCD  prokontra evolusi Harun Yahya).

  1. V.     Alat/ Bahan/ Sumber
  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

 

  1. VI.  Penilaian

·     Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2

Pertemuan                  : 30

Alokasi Waktu            : 2 × 45 menit

Standar Kompetensi   : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas

Kompetensi Dasar     : 4.3    Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi

Tujuan                        : Siswa memahami tentang kecenderungan baru teori evolusi

 

 ====================================================================                                            

 

  1. I.       Indikator
  • Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
  • Menjelaskan teori evolusi netral

II.  Materi Ajar

  • Mutasi DNA dan dampaknya
  • Teori evolusi netral
  • Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi

III. Metode Pembelajaran

Diskusi -Penugasan

  1. IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

   Pertemuan 30 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)
  • Guru menjelaskan salah satu faktor yang berpengaruh dalam mekanisme evolusi adalah adanya mutasi.

B.   Kegiatan inti (70 menit)

  • Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam menurut teori darwin.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan teori evolusi netral.
  • Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi dengan memilih salah satu bagian dari Tabel 7.2.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)

  • Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
  • Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.

V.   Alat/ Bahan/ Sumber

  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
  • Berbagai sumber informasi tentang evolusi (buku teks, internet, majalah dll)

 

VI. Penilaian

·     Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2

Pertemuan                  : 31, 32, 33

Alokasi Waktu            : 6 × 45 Menit

Standar Kompetensi  : 5.   Memahami prinsip-prinsip dasar boteknologi  serta implikasinya pada salingtemas

Kompetensi Dasar      : 5.1 Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi

Tujuan                            :              Siswa memahami arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi

 

 =======================================================================                                            

 

  1. I.       Indikator
  • Menjelaskan pengertian bioteknologi
  • Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
  • Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
  • Membuat produk bioteknologi tradisional
  • Mengekstraksi DNA
  1. II.    Materi Ajar
  • Pengertian bioteknologi
  • Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern
  • Rekayasa genetika

III. Metode pembelajaran

      Diskusi-Eksperimen

IV. Langkah-langkah pembelajaran

 

Pertemuan 31 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (10 menit)

·     Guru menunjukkan beberapa produk bioteknologi yang dekat dengan siswa dan menanyakan proses produksi yang dilakukan.

·     Siswa bersama guru mendiskusikan pengertian bioteknologi

  1. Kegiatan awal (70 menit)
  •  Siswa dan guru mendiskusikan keterkaitan ilmu-ilmu lain dengan perkembangan bioteknologi.
  • Guru menjelaskan perkembangan rekayasa dan peranannya bagi perkembangan bioteknologi.
  • Siswa bersama guru mendiskusikan pengelompokan bioteknologi tradisional dan modern dan contoh-contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Kegiatan inti (10 menit)
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian bioteknologi dan dasar pengelompokkan bioteknologi tradisional dan modern.
  • Guru membentuk kelompok dan menugaskan untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.

Pertemuan 32 (2 × 45 menit)

 

A.  Kegiatan awal (10 menit)

  • Guru meminta siswa untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.

B.   Kegiatan inti (50 menit)

  • Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk bibit yang sudah dibuat.
  • Siswa melakukan kegiatan pembuatan yogurt.
  • Guru mengatur waktu pengamatan hasil kegiatan.

C.   Kegiatan akhir (30 menit)

  • Siswa menyimpan yogurt yang sedang diinkubasi di tempat yang sudah ditentukan.
  • Siswa membersihkan tempat dan alat bahan yang digunakan.
  • Guru meminta siswa mengamati hasil dan membuat laporan.

Pertemuan 33 (2 × 45 menit)

A.  Kegiatan awal (10 menit)

·     Guru meminta siswa mempersiapkan Kegiatan 8.2. Ekstraksi DNA.

·     Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

B.   Kegiatan inti (70 menit)

·     Siswa melakukan eksperimen untuk mengekstraksi DNA sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam Kegiatan 8.2.

·     Siswa mengamati hasil eksperimen.

·     Siswa mendiskusikan pertanyaan dalam Kegiatan 8.2.

·     Siswa menyusun laporan hasil eksperimen.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)

·     Siswa membersihkan tempat dan alat yang digunakan.

·     Siswa mengumpulkan laporan hasil.

V.   Alat/bahan/sumber

  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
  • Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

 

VI. Penilaian

·     Uji kompetensi tertulis

·     Laporan hasil kegiatan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2

Pertemuan                  : 34

Alokasi Waktu            : 2 × 45 Menit

Standar Kompetensi  : 5.   Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas

Kompetensi Dasar      : 5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas

Tujuan                            :              Siswa mempu menjelaskan peran dan hasil-hasil bioteknologi

 

 =======================================================================                                            

 

I.    Indikator

  • Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya
  • Membuat cerita imajinasi tentang rekayasa genetika
  1. II.    Materi Ajar
  • Tanaman transgenik dan dampaknya

III. Metode Pembelajaran

      Diskusi-Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan 31 (2 × 45 menit)

 

  1. Kegiatan awal (15 menit)

·     Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.

·     Guru meminta siswa mempelajari kasus transgenik pada Salingtemas.

  1. Kegiatan iinti (60 menit)
  •  Siswa membaca dan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi Salingtemas dalam kelompok.
  • Siswa merumuskan hasil diskusi dan menuliskannya dalam laporan hasil diskusi.
  • Siswa mengumpulkan diskusi.
  1. Kegiatan akhir (15 menit)
  • Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang tanaman transgenik.
  • Guru menugaskan siswa untuk membuat cerita fiksi ilmiah dengan Kegiatan 8.4 sebagai tugas di rumah.

V.   Alat/ Bahan/ Sumber

  • Buku  Biologi kelas XII, Dyah Aryulina, Esis
    • Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian

  • Laporan diskusi Salingtemas
  • Tugas fiksi ilmiah
About these ads

Tentang siswadi77

manusia tidak ada yang sempurna, tapi kita harus berusaha untuk kesempurnaan itu...
Tulisan ini dipublikasikan di SMA/MA dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s